29 October 2018

mengajari anak nama hewan dengan berkunjung ke bonbin kebun binatang surabaya

hy cantyk,

Cara-mengajar-anak-nama-nama-hewan-cepat-hafal-interaksi-langsung

sebagai ibu muda dari seorang balita apa lagi anak pertama rasa nya tentu bahagia. di samping itu juga was was takut bila perkembangan anak tidak optimal, harapan Saya minimal sama lah dengan teman sepantarannya. nah kasus ini lah yang menjadi fokus Saya, perbedaan tumbuh kembang anak berbeda terjadi pada saya. 
memang perkembangan anak berdeda beda, karena setiap anak unik. hanya saja sebagai orang tua kita tidak boleh lepas tangan dan cuek pada anak kita. anak bisa di stimulasi dan di rangsang perkembangannya dengan berbagai cara dan metode belajar. kebetulan anak saya sangat tidak tertarik dengan pelajaran yang monoton atau berupa materi semata. dia tidak tertarik dengan gambar diam. Awal nya Saya juga tidak merasa keanehan hingga akhirnya saya merasa "kok aneh anak saya di ajari gajah gajah tidak bisa" mengingat atau lambat mengingat bahkan Setelah ingat, sekejap kemudian Lupa. 😑




Akhirnya Saya mengetahui penyebab nya, anak Saya sulit mengingat karena hafalan posisi, letak, gambar. Maka bila gambar di ganti dia akan Lupa Dan bingung. Gajah, kambing, keledai, domba, sapi 😏 Karena memang dia tidak Tau. Beda lagi dengan gambar kucing, kucing bentuk Rupa apa saja dia hapal Dan lancar. Dari Sana Saya menarik kesimpulan anak Saya butuh interaksi nyata. Butuh pengulangan terus menerus.

Maka dari itu Saya akhirnya bersama keluarga pergi ke kebun binatang Surabaya Demi melibatkan Dan membantu percepatan pembelajaran anak kami tentang nama nama hewan. Alhamdulillah ternyata berhasil bahkan di luar expektasi, adek Ipan sangat antusias Dalam belajar. Biasanya si adek di ajari mlongos lari, tidak peduli, tapi saat di kebun binatang dia sangat tertarik pada setiap hewan.

Berlibur-kebun-binatang-surabaya-bersama-keluarga-mengajari-anak-nama-hewan

Ketika pulang sampai di rumah pun si adek masih ingat suara suara hewan yang kami tirukan, seperti harimau auuummm, monyet ngikk ngikk. Dan yang lebih wow nya walau gambar gajah di ganti model apa saja adek Ipan tetap bisa mengenali Dan menyebutkan nya dengan tepat. Gambar di sini Saya perjelas ya, gambar gajah yang Saya ajarkan selama ini adalah foto maupun kartun. Saya acak bergantian Dan alhmdulillah sekarang sudah hafal. 😊

Jadi mom's bila anak anda aktif tidak bisa diam Dan ogah ogahan belajar seperti anak Saya, Saya sarankan ganti cara belajar nya dengan interaksi langsung. Mungkin anak Kita type anak yang gampang bosan. Atau mungkin type yang belajar lewat pengalaman. Bisa juga anak Kita jenis anak yang harus di stimulasi lewat semua Indra dari Mata melihat, telinga mendengar, Dan rasa 😥 tapi berita bagus nya anak aktif cenderung lebih kuat Dan Sehat 😏

Keluarga-kecil-bahagia-liburan-sederhana-mendidik-anak-nama-hewan

Saran Saya waktu mom's pergi ke bonbin untuk belajar nama nama hewan bersama anak alangkah lebih baik bila sekalian membawa gambar gambar yang biasa nya di gunakan untuk belajar di rumah. Nah waktu di kebun binatang nanti tunjukkan gambar unta Dan tunjuk lah hewan unta pada anak. Minta anak untuk mengulangi kata unta yang telah mom's sebutkan.

Cara InI terlihat ribet tapi sangat membantu, anak akan belajar mengingat dengan semua Indra yang dia miliki. 
Tips-mengajari-anak-cepat-hafal-nama-hewan-untuk-balita
Anak aktif akan sangat senang untuk bereksplorasi dengan lingkungan baru, belajar Hal Hal baru. Sekaligus berwisata memperbanyak waktu kebersamaan bersama keluarga. 

Aktifitas di luar sekaligus menghilangkan rasa jemu dan perasaan terpaksa belajar pada anak balita. Anak merasa senang karena terbebas dari tekanan belajar. Tanpa sadar anak belajar dengan sendiri nya.
Piknik-Keluarga-kecil-sederhana-bahagia-balita-anak-pertama
Pengalaman menyenangkan atau membahagiakan akan sangat berkesan pada anak. Maka dari itu proses belajar menjadi lebih efektif. Menghafal nama nama hewan di lakukan dengan berkunjung ke kebun binatang, belajar buah Dan sayur bisa dengan berkunjung ke kebun buah atau pergi beli buah di toko buah sambil menjelaskan. Bahkan mom's bisa juga mengajari sambil masak di dapur 😊

Tips-kegiatan-dalam-mengajari-anak-cepat-hafal-nama-hewan-untuk-balita

Semoga tulisan ini bisa membantu para mom's Dalam memperkaya ide cara mendidik anak balita. Bill mom's punya ide lain silahkan berbagi di kolom koment di bawah. Saya akan sangat senang untuk belajar Dan mencoba Hal Hal baru Dalam mendidik anak saya. Semoga anak Kita semua tumbuh optimal Dan berguna bagu nusa Dan bangsa.
Salam sayang

Uli mayang

No comments:

Post a Comment

Thanks for a nice comment

uli mayang.