20 November 2018

Intensive Workshop Rias Pengantin Pangling Bersama Arif Anang by Inez Cosmetic

hy cantyk,
Intensive-Workshop-Rias-Pengantin-Pangling -Bersama-Arif-Anang-by-Inez-Cosmetic
let me share even yang uli mayang ikuti pada tanggal 14 November 2018 berlokasi di Hotel Surya Pare. berawal dari stalking instagram para MUA lokal di daerah saya, akhir nya saya menemukan flayer Intensive Workshop Rias Pengantin Pangling  Bersama Arif Anang by Inez Cosmetic di salah satu account. FYI, acara seperti ini sangat jarang banget ada di tempat saya di Pare (kabupaten) karena kalau pun ada biasanya di laksanakan di Kediri (Kota Madya) dan jarak yang harus di tempuh dari Pare ke Kediri adalah kurang lebih 35-45km. karena itu lah saya sangat tertarik buat joint. 

akhirnya saya chat contact person di flayer dengan niat ikut mendaftar. well i m not a mua, just beauty and make up enthusiast. karena tinggal di desa saya juga tidak begitu up date jarang banget punya kesempatan untuk ikut even kayak gini. oleh sebab itu awal nya saya ragu untuk ikut, dan bertanya ini khusus untuk prefesional atau umum for make sure. dannn katanya ini umum, maka ikut lah saya. 

ada banyak ilmu yang saya dapatkan di acara ini dan ingin saya share juga ke teman teman sekalian dengan harapan semoga ilmu yang saya dapat ini bermanfaat. pertama soal masalah krusial *the big problem make up yaitu kulit perawatan dan mata berair 




kulit perawatan di dokter atau penggunaan krim khusus, bisa nya memiliki teksture yang berbeda dengan kulit normal pada umum nya sehingga menyebabkan make up jadi lebih sulit di aplikasikan. tapi tenang saja ada trik untuk mengurangi efect ini.

  • kulit awal perawatan biasanya mengelupas, sehingga teksture kulit sulit tercover base make up (belang dan sering ikut terangakat). trick mengaplikasikan foundation dengan di tab tab tab pelan menggunakan sponge jauh lebih baik dari pada di geser dengan kuas. 
  • kulit akhir perawatan teksturnya biasanya licin, sehingga sulit untuk di tempeli foundation (fondation sulit menempel dan mudah geser). trick menggunakan base make up terlebih dahulu sebelum foundation.
well sebagai tambahan keterangan di atas saya juga akan menambahkan tips dari hasil trial dan eror saya selama ini. untuk penggunaan sponge sebaik nya di lembabkan dulu dengan cara di spray air atau di rendam dalam wadah air lalu di peras hingga air nya keluar semua. fungsi dari di lembabkannya sponge ini mencegah agar produk tidak teresap terlalu banyak dalam sponge (hemat). sponge lembab juga sangat baik untuk membuat make up teraplikasikan dengan rata (tidak pecah


Mata berair ada salah satu trobel maker yang sering bikin riasan bubar, air mata terdiri dari berbagai jenis komposisi yang terkadang bisa membuat make up berantakan walau pun make up yang di gunakan waterprof. sayangnya tidak ada make up yang bisa menghentikan mata berair, tapi ada beberapa trick yang bisa di gunakan untuk menolong kasus ini. salah satu nya mendahulukan rias mata terlebih dahulu baru melangkah ke bagian lainnya seperti foundation, conceler, shading dan blush. 

pada mata berair biasanya bagian ujung mata atau bagian dalam underline akan hilang warnanya tersapu air mata, cara retouch yang di sarankan aa Arif adalah dengan tap tap menggunakan tissue lalu retouch menggunakan produk powder terlebih dahulu kemudian tindih dengan produk gel atau liquid. penggunaan powder (ex : eye shadow) di sini berfungsi sebagai penyerap minyak dan mengunci produk agar nantinya tidak geser (setting)


suasana-kelas-workshop-intensive-make-up-pangking-blowme-hotel-surya-pare

foundation
masuk ke foundation pilih lah foundation yang sesuai dengan jenis kulit model, kebutuhan dan tone kulit. foundation sendiri dapat di mixing atau di campurkan untuk memenuhi kebutuhan ber make up. bila cantyk berminat menjadi seorang MUA mutlak aka wajib banget untuk memiliki beberapa jenis dan warna foundation. Mua itu tidak semata bisa merias tapi wajib megenali produk yang di gunakan.

untuk model yang jenis kulit nya kering bisa menggunakan jenis foundation cair dan bila berminyak dapat menggunakan foundation cream. khusus case ini karena di gunakan untuk rias pengantin maka di sarankan menggunakan kedua jenis foundation baik cream/padat dan cair. untuk kulit kering gunakan perbandingan cair : padat 70% : 30% 
terlalu banyak alas bedak cream atau padat pada jenis kulit kering dapat mengakibat mudah retak nya make up base, kulit terlihat seperti sisik ular, kusam dan tidak segar. selain itu mua akan kesulitan meratakan foundation dan menggeser produck (blend)

untuk model dengan kulit normal dapat menggunakan perbandingan alas bedak cair:padat, 50% : 50% dan kulit berminyak berbanding terbalik dengan kulit kering.


jenis alas bedak padat dan cream memiliki daya cover lebih tinggi bila di banding liquid yang lebih sedikit daya coverage nya. foundi padat dan cream daya tahan stay along juga lebih tinggi di banding cair. tapii hasil akhir natural dan rasa ringan dari liquid juga tidak bisa di ganggu gugat jauh banget di atas alas bedak padat maupun cream yang terlihat banget kaku dan medok.  maka dari itu kepandaian mua dalam hal mixing foundation sangat urgent menurut saya. karena untuk hasil lukisan yang baik di butuhkan kanvas yang baik, hasil riasan yang ciamik perlu base yang istimewa.
mua-blow-me-make-up-inez-cosmetic-work-shop-rias-manten
soal tone warna kulit ini bakalan panjang so saya ringkas ke inti nya saja. saat merias pengantin berbeda dengan merias wisudah dan photo shoot yang lebih natural. untuk merias pengantin silahkan menaikkan tone warna foundation dua tingkat. ingat dua bukan 20 puluh, sumpah saya kemaren sempat lihat manten kulitnya sawo mateng wajah nya putih tih tih dan itu bikin kelihatan fake banget.
orang indonesia kebanyakan gitu mainset nya putih cantik, kalau saya malah ngeri lihat nya kayak lihat penampakan. kalau tidak ada tone yang cocok silahkan mix dengan mencampur warna terang dan gelap.

lalu cara rias base penganting pangling aa Arif Anang ini tergolong unik beda dengan youtuber atau Mua yang saya ketahui selama ini. biasnya foundation atau base di aplikasikan penuh di wajah baru next step shading dkk di timpali di atas nya. kalau aa Arif ini hanya menggunakan foundi seperlunya. bagian yang perlu di counture ya di counture, conceal atau shading, bagian yang sisa baru di beri foundi. kemudian di blending kuas semoga cantyk mengerti maksut saya. jadi tidak asal timpa penuh semua hanya di bagian nya saja. mungkin ini lah rahasia make up nya terlihat lebih natural walau kita tahu itu make up. please some one, help me to explain it.
arif-anang-mua-nasional-blow-me-inez-cosmetic-dan-uli-mayang-blogger-pare-kediri
Alis dan Mata

untuk alis aa tidak menyarankan untuk mengikuti trend, menurut beliau tidak semua orang bakalan cocok dengan trend. cara terbaik adalah mengikuti karateristik dari alis model. saya jujur setuju banget dengan ini, menurut pendapat pribadi saya alis ala korea yang datar dan alis gaya golok itu gak bakalan cocok untuk semua orang jadi cara terbaik ya ikut saja dengan pertumbuhan rambut dan bentuk wajah clien. make up bukan meniru sesorang. cara menggambar agar lebih mudah pertama berikan tanda titik pada awal permulaan, pada sudut tertinggi lalu pada akhir terluar. setelah itu baru di garisi di sambung ketiga titik tersebut. cara mengisi pada bagian pangkal cukup di sisir halus sambil brush sedangkan bagian tengah ke pucuk di isi penuh di bold.

untuk mata jujur saya agak mblawur kurang jelas, karena kaca mata saya tertinggal di rumah dan MC tidak membantu menjelaskan secara terperinci sedangkan aa Mua pun nggetu serius fokus dengan rias eyeshadow mata. intinya yang saya dapat adalah rainbow eye look ini kunci keberhasilanya terletak pada transisi yang tidak hars berkat blending. jangan takut bermain warna. ahh shitt, saya jengkel banget pas proses terpenting ini MC tidak membantu untuk menjelaskan detail. padahal menurut saya kunci make up ada di mata ini. pokoknya eye look ini menggunakan palet inez cosmetic seri prefesional, yang pertama kali saya lihat saya langsung jatuh hati. kereenn banget semua warna ada dan nyala genjreng tidak malu malu, pengen beli tapi sayang kagak jadi karena harganya 300k.  lagi bokek buk,.

bulu mata atau eye lashes menurut aa apa saja boleh, gak bermerek pun hajar saja selama bagus silahkan. beliau saja pakai yang harganya 25k dapat selusin. tips agar mendapatkan ketebalan bulu mata yang di kehendaki alias cetar membahana cantyk bisa menimpali / di tumpuk hingga empat lapis. kalau menurut saya ini kayak tehnick jahit mata cara nya yaitu di tempel satu persatu di tindih di atasnya. ambil satu eye lashes beri lem lalu tempel di atas bulu mata asli, ambil lagi lalu beri lem kemudian timpali di atas bulu mata pertama, begitu seterusnya.

note : jangan lupa untuk memberi warna pada eye line mata bagian dalam atas dan bawah mata agar tidak terlihat kosong. saya sarankan dengan menggunakan eyeliner pencil matick. karena bagian mata dalam lebih lunak jadi produk ini lebih cocok. jangan lupa juga menggunakan maskara agar bulu mata palsu dan asli dapat terlihat menyatu dan natural.
kursus-rias-pengantin-beauty-class-pangling-pare-kediri-jatim
lipstick kalau jadi mua silahkan beli palet. karena harganya jelas lebih murah dari pada beli satuan  setiap seri warna dan cantyk bisa berkreasi nyampur nyampur warna. nah lipstick ini juga memegang peranan penting pada make up. saat manten biasanya dalam satu hari itu bakalan retouch atau ganti busana sesuai dengan sesi nya. susah kan kalau mau ganti eyeshadow buat matching dengan busana akad, busana resepsi, busana casual atau malam? maka bermain lah dan mix n match dengan lipstick. 
hampir terlewatkan soal counture saat workshop kemaren beliau lebih memilih menggunakan bedak padat berwarna gelap sebagai pengganti powder counture, highlight, bonzer. jadi di acara ini saya bener bener di kenalkan pemanfaattan dan cara mengenakan produk pallet brand inez cosmetic dengan maksimal. blush yang di gunakan juga seperti bertingkat mungkin bahasa kerennya ombre jadi tidak langsung di pipi di templok warna pink. di buat lebih berwarna. so far saya puas banget ikut serta acara ini karena banyak ilmu yang saya dapatkan. 
flayer-Workshop-Rias-Pengantin-rainbow -Arif-Anang-Inez-Cosmetic
well sekian dulu ya yang saya sampaikan karena tangan saya sudah capek, padahal di cicil nulisnya tetap saja capek ya. semoga bermanfaat buat cantyk yang tidak sengaja mampir atau sengaja mampir. semoga jadi ilmu yang bermanfaat. kalau mau sharing, koreksi atau menambahkan boleh banget kok silahkan coment di kolom di bawah ^_^
salam sayang

uli mayang 

2 comments:

  1. Komplit banget nih mba ilmunya. Mantap ya. Aku juga setuju sama alis ngikutin bentuk asli pemilik wajah aja. Soalnya kan menyesuaikan bentuk wajah orang tsb juga ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbag, semoga bermanfaat ya. iya bener alis itu kalau di paksa juga aneh kan?

      Delete

Thanks for a nice comment

uli mayang.