25 May 2019

Kegiatan merangsang bicara speech delay anak dengan bermain dan alat bantu nya

Hai mom
kegiatan-merangsang-anak-speech-delay-berbicara-dengan-puzzel
Masih melanjutkan kegiatan adek kipan ipan dengan treatment okupasi aka wicara. Jadi Ada banyak kegiatan yang di lakukan terapis untuk merangsang minat anak bicara. Tapi sebelum lanjut Ada baiknya baca dulu tulisan tentang wicara sebelum ini. Merangsang anak untuk mau berbicara Dan tidak mogok saat proses belajar adalah Hal yang sangat penting. Proses belajar harus menyenangkan Dan ceria. Namanya saja anak-anak dunianya jelas bermain. sebagai orang dewasa kita wajib masuk mengikuti dunia anak, bukan anak yang mengikuti pola kita.





kegiatan-merangsang-anak-speech-delay-berbicara-dengan-kartu-bergambar

Anak Saya ini tipe yang aktif, dia juga gampang jenuh. Variasi pembelajaran sangat penting perannya, biasanya cara untuk menarik perhatiannya adalah mainan. Mainan edukasi untuk merangsang nomor Satu adalah gambar. Bisa berupa gambar tunggal. Gambar bertema, Menirukan kata Dalam gambar. dari gambar ini nantinya bisa berkembang misal dari mengikuti kata "makan" menjadi "ipan makan" menjadi "ipan makan bakso" dst,

Adek Ipan ini juga Punya keaktifan Dan motorik yang bagus sehingga dia suka jika di ajak kegiatan gerak bergerak. saat bergerak biasanya di ajarkan atau di stimulasi berbicara dengan berhitung "1,2,3,4,5 dst" hitungan ini lah yang di benarkan pelafalan atau pengucapannya. awalnya ipan mengucapkan huruf satu (1) dengan "atuh" oleh terapis nantinya di benarkan menjadi "SA-TU"


kegiatan-merangsang-anak-speech-delay-lambat-berbicara-dengan-kegiatan-gerakan-fisik

permainan selanjutnya adalah puzzel, untuk umur seperti adek ipan (3thn) pilih puzzel yang bila di cabut atau dilepaskan masih ada gambar bantu di papannya. cara memainkannya dari terapis yang saya lihat adalah konsep perintah sederhana atau meminta. selain itu belajar kontak mata atau fokus contoh cara bermainnya adalah:
pre pembelajaran :
  • terapis  : "ini apa nama nya stoberry, ini apa namanya?" (tunjuk puzzel, belum di copot)
  • ipan      : "stoberry"
  • terapis  :" betul, ibu minta stoberry"
  • ipan      : ambil stobbery (copot dari papan) berikan ke tangan terapis sambil kontak mata, 
  • di lanjut sampai semua habis, kemudian mengulang kembali
  • terapis   :  "ini apa?"
  • ipan       :  "stoberry"
  • terapis   :   "betul, taruh stoberry ketempatnya"
  • ipan       :   "memasukkan menaruh stoberry pada tempatnya"
secara singkatnya dialog nya demikian, namun kadang bisa meguras tenaga lebih. seperti kata stroberry adalah kata yang sulit. biasanya terapis mengulang ngulang sampai adek kaivan mendekati benar pelafalannya. pelafalan ipan awalnya hanya "bely", menjadi "stobeli", menjadi "stlobely"

cara-merangsang-bicara-speech-delay-anak-dengan-kartu-flash


jenis gambar sangat banyak seperti yang saya jabarkan di atas, untuk pengenalan tahap awal sekali ipan di ajarkan kartu tunggal (sebelum kartu bertema). biasanya ipan setelah terapi di evaluasi di berikan PR latihan di rumah. PR nya berupa kosa kata yang baru saja di pelajari dan masih sangat kurang. biasanya kartu flash yang di gunakan adalah kartu flash tunggal dengan bunyi yang mirip. contoh awalan "B" atau akhiran "S" dll maka semua kartu akan berbunyi awalan B seperti : batu, buku, bulan, bata, bayi, bambu dll. atau akhiran "S" seperti pedas, beras, buras, gelas, kukis, dll

peran terapi di sini sangat penting, untuk mengetahui dan mengevaluasi sebenarnya apa masalah dan kurang di mana. untuk kasus ipan anak saya cenderung menghilangka kata depan, huruf F,R,V,X TS dll masih sulit.

uli-mayang-treatmen-biaya-latihan-terapis-okupasi-wicara-speach-delay-anak-privat

terakhir untuk postingan kali ini adalah cara merangsang dengan memahamkan lewat indra perasa. selain meniru suara atau bunyi terapis juga mengajarkan anak untuk merasa. kadang kala adek ipan di ajarkan untuk menirukan dengan melihat bentuk mulut. memperhatikan buka tutup mulut untuk huruf vokal A,I,U,E,O dan kadang memahamkan dengan menyuruh adek ipan memegang mulut terapis untuk huruf huruf bertekanan desis Beh, buh, the, deh lalu menirukan. kadang menggunakan serpihan robekan kertas agar ada dorongan tiup untuk kata "buh" atau memegang jangkut untuk beberapa bunyi lainnya. 

sekian dulu semoga bermanfaat, silahkan bertanya jika ada bagian tulisan yang belum jelas atau kurang silahkan di tambahkan atau share pengalaman juga boleh. semoga kedepan akan ada lagi hal hal baru dan perkembangan adek ipan yang bisa saya bagikan.

note : ipan terapi wicara okupasi untuk anak speech delay di luar rumah sakit, biaya pribadi. kelas privat. harga berdasarkan durasi waktu

salam

uli mayang

No comments:

Post a comment

Thanks for a nice comment

uli mayang.