14 February 2015

DIY : buat serum wajah vitamin C dan E sendiri, home made serum vitamin C and E

selamat malam semua.. 


setelah browsing sana sini akhirnya uli ketemu juga cara buat serum wajah di rumah. wow betapa senannya hati ku. dari hasil browsingan bahan bahan yang di butuhkan yaitu



Bahan :

Distilled water ..................... 3 sdm (45 ml)
Gliserin .............................. 1/2 sdt (2,5 ml)
Vitamin C 500 mg ............... 2 kapsul
Vitamin E 100 IU ................ sesuai jenis kulit

Takaran vitamin E
Kulit berminyak & acne prone...... 1 tetes
Kulit kering ................................... 3 tetes
Kulit aging .................................... 1 kapsul

  • disttiled water biasa di sebut air suling berupa air murni yang sudah melalui proses penguapan dan pengembunan kembali. distilled water yang umum di jual adalah merek amides, cleo dan indomaret (baca di kemasannya ada tulisan distilled water) atau cara termudah panaskan air dalam panci lalu tampung uap nya. 
  • vitamin e yang uli mayang gunakan di sini merek Natur E, alasnya karena mudah diperoleh dan murah. 
  • vitamin C nya merek vitalong C alasnnya sama dengan vitamin e. kalau di tanya kenapa tidak pakai ipi saja kalau cari yang murah? itu karena vitamin ipi ada pemanis buatanya. dan tu emang rujukan dari si empu blog. :D 
  • gliserin, katanya sich beli di toko kimia. berhubung gak ada ya sudah gak pakek itu. tapi kalau buat pengganti katanya bisa dengan 1/2 sendok teh VOC ( virgin coconut oil) di indomaret ada jual VOC harganya kalau tidak salah 24.000 satu litter. 

cara pembuatannya: 

jangan lupa setrilkan dulu alat alat nya dengan alkohol atau rendam dalam air panas. 


1. buka kapsul vitalog c, keluarkan isi kapsul lalu gerus / hancurkan dengan sendok kayu atau plastik. sangat tidak dianjurkan menggunakan sendok logam. isi dalam kapsul vitalog c ini lumayan sulit di hancurkan walau menggunakan air. di sini uli mayang tidak mengunakan air saat menghancurkan karena vitamin c sangat mudah rusak bila telah terkena cahaya dan udara apa lagi bila telah larut dalam air. setelah butir butir vitalog c hancur sempurna campur dengan 3 sendok makan distilled water.di sini uli mayang pakai distilled water dari indomaret.


2. setelah vitalog c tercampur rata dengan distilled water tambahkan 2 tetes natur e (tusuk soft capsul natur e dengan menggunakan jarum). lalu aduk rata. kenapa 2 tetes ? kulit uli mayang cenderung normal. hanya bagian tertentu yg kadangkala berminyak.



3. langkah terakhir, masukan serum dalm botol kaca gelap. botol apa saja bisa asal kaca dan gelap. kemudian simpan serum dalm kulkas.


cara pemakaian.

keluar kan dari kulkas, lalu Kocok, tuang ke telapak tangan sebanyak kurang lebih 3 - 5 ml (seukuran 1/2 - 1 sdt), oleskan ke wajah sambil ditepuk-tepuk. jangan lupa masukkan lagi ke kulkas sisanya. 

Digunakan setelah menggunakan toner atau sebelum pelembab.

masa penggunaan di luar kulkas 3 hari, kalau di tempatkan dalam kulkas 10 hari. 

selamat mencoba,


uli mayang

source : 

5 comments:

  1. Uli, I like the idea of using more natural items on my face and body... this seems like an easy item to make xox

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. kalo pke ester c boleh ga min?

    ReplyDelete
  4. Makasih mba ..
    Aku udah coba buat, alhamdulillah tadi malem aku pake pas bangun tidur wajah seger keliatan nya , aku pake VCO campuran nya
    S

    ReplyDelete

Thanks for a nice comment

uli mayang.