01 June 2020

Bagaimana saya menjadi blogger dan perjalanannya

bagaimana-saya-menjadi-blogger-dan-perjalananya-peralatan-blog

Akhirnya saya menulis tentang ini juga, setelah lama cuma di angan - angan terbitlah entri Bagaimana saya menjadi blogger. Sebelum itu mari kita napak tilas flash back dulu. Awal mula saya menulis karena teman saya yang hitz pada jaman sekolah dulu mbag Tirza sedang gandrung dengan kambing jantan karya Raditya Dika. Jadi ada sebuah buku dengan judul kambing jantan, yang ternyata di adaptasi dari blog si-mpu-nya. Saya yang waktu itu cupu, Hanya ikut nebeng baca buku saja. Saya bukan tipe cewek yang up to date, tidak mengerti sama sekali tentang perkembangan anak gaul. Bahkan internet pun saya gagap, yang mengenalkan saya dengan internet ya mbag Tirza ini. Nah karena buku kambing, akhirnya saya ikut - ikutan ke warnet baca blog nya si Raditya. 

Jaman dulu, ada sebuah media sosial yang keren banget namanya Friendster (FS). FS ini kalau sekarang bisa di katakan sekelas Facebook lah ya. Kembali lagi karena saya anak kuper, yang membuatkan dan mengajarkan saya ya tetep mbag Tirza. Nah berhubung saya sudah belajar dan bisa mengoprasikan Friendster. Saya jadi mulai senang belajar tentang java skrip demi tampilan halaman FS yang cute. Karena buat ganti layout, masukin music, dan pasang tulisan cantik berglitter - glitter menggunakan kode java akhirnya saya mulai suka dengan internet.


tampilan frienster dari google yonulis.com



Lalu suatu hari saya di ajarin mbag Tirza buat instal akun chating Mig33. Oh kawan, jaman ku dulu belum ada WhatsApp. Adanya Mxit, sumpah itu sudah top banget.  Nah, Mig33 ini termasuk baru waktu di instalkan Tirza di Hp saya. Nah di forum Mig33 ini lah awal semuanya, salah satu membernya ngajakin lebih tepatnya nyuruh bikin blog. alasanya buat ngasih pendapatan tambahan. caranya? nanti kita buka sebuah iklan selama beberapa detik, nah nanti kita di bayar karena sudah ngeklik iklan tersebut. Asli gue bego banget jaman itu. Tapi bego ini berfaedah. Gak apa lah ada hikmahnya. Akhirnya saya bikin blog dan punya blog. Lol

Soal blog tentu saja saya masih mengandalkan mbag Tirza donk, ngajarin lah. Mana saya tau beginian. Juga di bantu Mazpika dari forum Mig33. Awalnya rancu, entahlah mau di isi apa blog ini.  Menurut saya, karena semua ini di awali oleh kambing jantan karya raditya dika, maka gaya menulis tema blog ini meniru Dika. Yups! Menulis tentang kejadian konyol dalam hidup, itulah awal dari blog ini. Masih ada jejak bekasnya di blog archive tahun 2008 awal saya ngeblog. Isinya cerita konyol. Berulang kali saya berpikir untuk menghapus, tapi berulangkali juga batal. tentu saja karena sayang, ini kenangan. Ini lah proses saya di dunia perbloggingan. 2008 saya masih seorang pelajar, masih  duduk di bangku SMA. Internet mahal, mau online harus ke warnet dulu. Kalau pun punya laptop akses wifi belum sebanyak sekarang. Pokoknya perjuangan baut online, dan yang jelas itu jaman saya masih ABG alay. Terbukti tulisan saya di tahun 2008 " p4k4! B4h4s4 4L4! Q tu " maaf kan saya. kita semua berproses kan?

Setelah punya blog, kemampuan dari dunia per Friendsteran saya terapkan. Saya cari layout Theme yang super cute! pasang! Hasilnya? blog saya super lemot. muter - muter lama sekali baru bisa di buka.

BUKU-KAMBING-JANTAN-RADITYA-DIKA

Tahun 2008 ini juga pertama kali saya belajar upload gambar, memasukan gambar ke postingan setelah beberapa kali entri tulisan baru. Saya juga belajar tentang link. Karena takut gambar saya di curi, setiap gambar milik saya di pasang link. Jadi, saat foto saya di klik bakalan lari ke web lain. Asli ini sesuatu yang usless banget. malah bikin banyak broken link hidup dalam konten saya. aish! Terima kasih, Ari Filston yang sudah ngajarin cara upload foto dan ilmu link-nya. Namanya juga belajar kan.

2009 berlalu begitu saja, Maklum baru lulus sekolah SMA dan anak maba perkuliahan. Tahun 2010 baru lah saya mulai tertarik dengan foto. Yups tahun 2010 saya tertarik dengan Fashion dan Outfit berkat blog kesukaan saya a chlothes horse. Sampai sekarang saya masih cinta sama blog Rebecca ini. Sampai sekarang saya masih ngeblog pun karena terinspirasi Rebecca. 2010 ini saya juga baru ngeh ternyata saya menyukai DIY. Akhirnya topik dunia pakaian dan keterampilan tangan, masih tetap eksis hingga sekarang di blog ini.

mulai tahun 2013 ini karena sangat terinspirasi oleh foto background rebecca yang keren - keren saya akhirnya berusaha untuk jalan - jalan mengesplore tempat tempat yang kiranya bagus sebagai background foto. Hingga akhirnya muncul sub tema "traveling" dan "jalan-jalan" tujuannya selain mendapatkan spot foto yang bagus, sekaligus mengenalkan kota tempat tingga ku tercinta ini. Selain itu tentu saja karena hampir sebagian besar blogger saat itu adalah fashion-nista. Fashion ini foto nya full body, jadi latarnya seperti bagian dari outfit. Trend fashion di indonesia ini di pelopori berkat trend blog Diana Rikasari nama blognya hot chocolate and mint (masih aktif hingga sekarang). Saya suka sekali, karena gaya nya yang "nyeleneh. Fyi, saya juga pengikut Michelle Koesnadi yang elegant (entah mengapa blog nya sekarang rivat).

membaca-buku-di-gramedia-gambar-perempuan-baca-buku-cari-ide-tulis-blog
cari ide di pojok sambil milih buku yang mau di beli

Tahun 2014 trend berubah, mulai ramai bermunculan para blogger kosmetik, Blog fashion banyak yang non aktif, vakum berganti aliran. Walau tetap saja ada blogger Fashion namun tidak semenjamur dulu. Mungkin karena pakaian tidak habis di pakai? atau pakaian mahal? bukan kebutuhan urgent?entah lah. Yang jelas kembali, sekali lagi, saya terbawa arus hype blog. munculah tulisan review kosmetik di blog ini. kemudian ke depannya tulisan review mulai banyak saya tulis di blog ini hingga sekarang. Fyi, di tahun 2014 ini PERTAMA kali saya mendapatkan sponsor artikel dari Lazada yang buat saya semakin semangat menulis. Iseng - Iseng ini ternyata menghasilkan. Jujur saja saya sudah pernah di tolak google adsen yang berimbas jadi tidak berharap apa pun dari dunia blogging. Tahun 2014 ini juga akhirnya saya putuskan menggunakan domai menjadi www.ulimayang.com. alhamdullilah puji syukur hingga saat ini penghasilan blog ini lah yang membiayayai biaya perpanjangan sewa domain.

tahun 2015 saya akhirnya menikah dan hamil tema tulisan saya bertambah lagi soal keseharian curhatan. mulai banyak tulisran soal kehamilan dan keluarga. hingga di tahun 2016 anak pertama saya lahir samakin banyak tema tulisan soal life style perEmak - emak'an dan pertumbuhan anak yang saya bahas. Hingga sekarang ilmu parenting pun tetap saya bagikan. Tulisan di tema keluarga yang paling banyak pengunjungnya adalah adalah share pengalaman saya tentang terapi speech delay pada putra saya.

Dan ternyata sekarang sudah Tahun 2020. Ada satu subtema baru yaitu "review buku". Saya mulai membaca buku dan menulis pendapat saya soal buku di blog ini. well, Kenangan yang ada di blog ini sangat banyak. Blog ini seolah sudah menjadi diary yang mengingatkan saya sebagai sosok yang terus tumbuh dan berubah. Saya sekarang sudah tidak peduli dengan tema. Karena saya yakin saya akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Sekarang fokus saya adalah menulis. Saya akan terus menulis untuk berbahagia. Saya menulis sebagai terapi penghilang stress dan ajang berbagi informasi. Walau kesannya tidak prefesional karena temanya campur, tidak mengapa. Menurut saya ini lah baik begini. Saya lebih cocok begini dari pada bertema tapi penuh tekanan berakhir pada blog jarang di isi.

sekian, terima kasih sudah berkunjung.
salam sayang
Uli Mayang


gambar : 
goodreads.com
yonulis.com

No comments:

Post a comment

Thanks for a nice comment

uli mayang.