25 August 2013

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Selamat malam pengunjung sekalian,

Pengunjung yang sering berkunjung pasti tahu salah satu kegemaran uli mayang adalah bereksperimen dengan rambut. Uli sudah pernah mencoba berbagai gaya rambut. Mulai dari pendek, panjang, keriting, lurus, hingga berwarna. Akibatnya, rambut Uli Mayang pernah rusak parah pecah - pecah, bercabang sampai merah seperti rambut jagung. Pokoknya jelek sekali seperti anak kurang gizi. Padahal rambut adalah mahkota wanita. Kalau mahkotanya jelek maka jelaslah penampilan pun ikut jelek.

Uli sempat bingung dan kalang kabut mencari cara untuk memperbaiki / merawat rambut ini agar normal dan sehat kembali. Pengennnya sich ke salon untuk mengembalikan kilau alami rambut. Tapi, MAHAL!. Untung saja mama saya memberi tahu cara mengembalikan kilau rambut tanpa mengeluarkan uang. 

 "APA, rambut cantik tanpa keluar uang? memang ada?
jelas ada lah. cara nya yaitu dengan menggunakan sejenis tumbuhan rumput atau lebih dikenal dengan nama Urang Aring.

foto gambar pohon rumput urang aring


Menurut wikipedia, Urang-aring  atau dalam latinnya Eclipta alba adalah sejenis terna semusim, kebanyakan ditemukan liar sebagai gulma / rumput liar, anggota suku Asteraceae. Terna ini terkenal oleh kegunaannya sebagai penyubur rambut. Di samping itu, urang-aring juga memiliki khasiat sebagai tumbuhan obat. Terna ini asal-usulnya tidak diketahui. Menyebar luas di seluruh dunia, di wilayah tropika dan subtropikaBeberapa nama-nama lainnya, di antaranya orang-aring (Jawa.); te-lenteyan (Madura.); daun tinta (Banda); daun sipat, keremak jantan (Melayu) dan false daisy (Ingggris).

gambar urang aring ketika ditanah.
Lanjut ke topik, awalnya Uli juga ogah - ogahan, karena malas mencari bahan baku dan mengingat repotnya mengolah bahan - bahan alami. Tapi, karena keterbatasan dana dan rambut yang benar - benar keritis akhirnya, Uli Mayang menyerah dan mengintrogasi mama lebih lanjut. 
Kurang lebih seperti ini isi percakapannya.
  • Uli : "Ma, cara pakai urang aring gimana? repot ya? nanti mama buatkan ya?"
  • Mam: "Buat sendiri aja mama repot!"
  • Uli: "Aku gak bisa lho"
  • Mama: "Alah gampang tinggal urang aring di cuci, terus di tumbuk, saring airnya terus gosok - gosok di rambut dan kulit kepala. Terus diamkan sebentar baru dikeramasi. masa gitu saja harus mamanya?"
  • Uli : "Begitu doang?" 
  • Mama : "Iya."
  • Uli : " Terus ma, cari urang aring dimana? masa harus mencari di hutan? tidak mau aku kalau harus masuk hutan. bener gratis tapi capek.
  • Mama : "Ngapain di hutan? itu lho di depan kan banyak urang aring."
  • uli : "Heh???" 
Akhirnya mama menunjukkan inilah penampakan dari urang aring. dan saya pun SHOCK buangett... heh?? ini toh urang aring. 


Setiap bersih - bersih pekarangan Uli selalu mencabut dan membabat habis tanaman ini, karena ketidak tahuan dan Uli pikir tanaman ini hanya rumput liar yang tidak ada gunanya. Memang kalau di tanah urang aring tidak tampak jelas, atau terkamuflase dan berbaur dengan tanaman lainnya jadi kita harus teliti dalam mencari urang aring. 

Sekarang uli terbebas dari masalah rambut, setiap rambut Uli rusak, saya hanya perlu berjalan ke halaman mencari urang aring. Urang aring ini mengembalikan kilau alami rambut dan juga menyuburkan rambut Uli. kalau ada yang gratis kenapa harus bayar?

uli mayang dan si urang aring
Dari pengalaman ini uli mengambil pelajaran untuk lebih mengenal tentang flora di sekitar kita. sayang sekali kan jika tanaman - tanamanan ini tidak dipergunakan sebaik - baiknya. apa lagi Indonesia kaya akan flora. benar kata orang tanah kita tanah surga, bahkan rumput liar juga menyimpan banyak manfaat. 

25 comments:

  1. Hai, Uli! Salam kenal ea.. Kunjungan perdana, nih! Ya tentu aja gue belum tau kegemaran utak-atik rambut elu ini. Hehe.. Tapi kalo minyak urang-aring mah di toko juga banyak! :-)

    ReplyDelete
  2. Aww so cute pics darlin!
    Cute blog, what about following each other via GFC and Bloglovin? Just let me know!
    Xxx

    Carolina

    www.the-world-c.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. urang aring itu banyak tumbuh di halaman rumahku, selamat berlomba, semoga menjadi yang terbaik ...salam :-)

    ReplyDelete
  4. Sy jg baru tau wujud tanaman ini..kalo di jkt mesti ndak ada ..apalgi sampe tumbuh liar.. :)

    Tak kenal mka ta sayang
    So..salam knal ya hehe :)

    ReplyDelete
  5. salam kenal uli
    Saya mampir dari tempat mas budi..maaf tanpa di undang ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulangnya tak perlu di antar kan mas hehe :)

      Delete
  6. Waktu kecil rambut saya suka dipakaiin minyak urang-aring sama ibu. Baru sekarang tahu wujud aslinya

    ReplyDelete
  7. urang-aring memang bagus utk rambut. Dulu sy sering pake :)

    ReplyDelete
  8. saya juga belum mengenal tanaman orang aring ini, ternyata itu ya tanamannya

    ReplyDelete
  9. Ooh seperti itu ya penampakan urang-aring...baru tahu :)
    Semoga sukses untuk GA-nya ya mbak :)

    ReplyDelete
  10. Followed back cutie!
    Keep in touch!
    Xxx

    Carolina

    www.the-world-c.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Cute blog and post! :)
    Would you like to follow each other?
    http://astbakay.blogspot.ru/

    ReplyDelete
  12. rupanya begitu ya gambar rumput urang aring
    salam kenal, oya blognya sudah saya follow juga

    ReplyDelete
  13. Salam kenal kak uli mayang, semoga eksperimennya berjalan lancar ya ?? hehehe

    ReplyDelete
  14. Support and moga sukses ya mbak GA nya :)

    ReplyDelete
  15. oh iya bener urang aring
    hehe biasanya sih cenderung lidah buaya klo diriku...atau semangka kulitnya

    ReplyDelete
  16. saya baru tau kalo urang-aring seperti itu bentuknya -_-

    ReplyDelete
  17. heh? itu urang aring?? baru tau aku. itu sih banyak aku sering liat xD

    New post:
    Too Cute For Party ~ Cichic.com LOVE
    Back to School with Chicnova

    Visit my blog :)
    www.luchluchcraft.blogspot.com
    www.tokoluchluchcraft.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. postingan yg sukses dan bermanfaat sobat, biar kenal dan sayang saya follow blog ini yang ke 166
    salam sukses selalu

    ReplyDelete
  19. Hi :) my giveaway is rounda world :)

    ReplyDelete
  20. http://bellesfleursnikol.blogspot.sk/

    ReplyDelete
  21. Thank you all. :)
    Alhamdulillah bermanfaat postingannya hihi...

    ReplyDelete

Thanks for a nice comment, don't forget to leave your url so i can visiting back.

uli mayang.