13 July 2016

CARA buat sarung selontongan kaki bayi dari kain perca

Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin. Maaf bila ada kata atau tindak tanduk yang kurang berkenan selama ini dari uli mayang sekeluarga.

Well kali ini uli mau membagikan cara membuat sarung kaki atau selontongan kaki bayi. Uli mayang buat dari bahan sisa baju uli, bisa di katakan kain perca. Keadaan musim yang tidak jelas ini menyebabkan di musim yang seharusnya kemarau malah turun hujan dan berdampak pakaian anak saya tidak kunjung kering, akhirnya saya buat selontongan sarung kaki bayi saya secara dadakan.
Langkah pertama siapkan bahan dan alat berupa :
  • Karton bekas, sepidol atau bolpen
  • Jarum jahit dan benang jahit
  • Gunting, jarum pentul
  • Kain perca dan karet




Step by step cara pembuatan sarung kaki bayi
  • Gambar pola kaos kaki atau selontongan kaki bayi pada permukaan karton lalu gunting pola di karton sesuai gambar.
  • Pola pada kertas karton kemudian di jiplak di blat ke permukaan kain. Kain di balik gambar di belakang kain. Gambar masing masing sepasang untuk bagian kanan dan kiri kaos kaki bayi. Lebih jelas lihat gambar.

  • Selanjutnya gunting kain sesuai dengan pola yang telah di gambar pada permukaan kain. Jangan lupa sisakan satu cm sebagai tepian.
  • Pasangkan antara pasangan masing masing potongan kaos kaki bayi. Lalu beri jarum pentul sesuai dengan garis pola depan dan belakang agar tidak goyang saat di jahit.
  • Jahit satukan tepian kain depan dan belakang sesuai pola yang sudah ada. Lihat gambar


  • Masih dalam keadaan terbalik, Beri karet pada bagian mata kaki sarung kaki bayi, agar saat di gunakan sarung kaki tidak mudah lepas.
  • Jahit karet dengan cara karet di tarik sehingga saat di lepas tarikannya kaus kaki berbentuk kerutan. Lihat gambar
  • Setelah selesai di beri karet, balik kaos kaki. Gambar kain menghadap ke depan dan jahitan tersembunyi di dalam kaos kaki. Lihat gambar.

Tara... viola! Kaos kaki selontongan bayi buatan sendiri dari kain perca sudah jadi. Unik ya kaos kaki buatan sendiri. 

Setiap anak saya pakai kaos kaki ini, Setiap ada tamu selalu tanya beli di mana kaos kakinya kok unik banget dari batik.. hahaha... lol waktu saya jawab buat sendiri katanya bagus. Suami saya juga suka sama kaos kaki ini. Padahal buat nya karena terpaksa, adek kehabisan sarung kaki karena hujan pakaianya tidak kering kering. Tapi s2nang juga sich ada yang muji hahah...
Oke sekian dulu besok besok di sambung lagi, oh ya sekarang saya kerja lagi anak saya di titipkan. Saat ini saya lagi fokus belajar dan mencari tahu tentang ASIP atau air susu ibu perahan. Semoga saya bisa memberi asi penuh buat si adek bayi walau saat ini masih oplos alias campur asi dan susu formula. 

Salam sayang 

Uli mayang

9 comments:

  1. Lovely DIY:)
    kisses

    http://irreplaceable-fashion.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Uli, the socks are cute, they really are needed for little ones so that they don't scratch themselves... your little one is so sweet xox

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks launna, yups their nail really fast growing. Every time my baby sleepy he always scratch his face

      Delete
  3. Uli, you did a great job! They are cute and fitted well on your baby's feet.

    ReplyDelete
  4. wahh.. kreatif mbak. pantesan banyak yang nanya krena mmang bagus

    ReplyDelete

Thanks for a nice comment

uli mayang.