04 March 2020

perjuangan Mengatasi Kitchen sink tempat cuci piring yang mampet

Hy
Perjuangan-cara-mengatasi-kitchen-sink-tempat-cuci-piring-yang-mampet
Maaf ya pembuka gambarnya tidak enak banget. Hehehe....

Moms kemaren itu wastafel dapur saya seperti nya tersumbat sisa - sisa makanan, menyebabkan air menggenang dan buntu. Berhubung suami lagi pergi dinas di luar jadi mau tidak mau saya lah yang mengutak - atik kitchen sink Yang macet itu. Perjuangan saya berat lho Untuk mengatasi kitchen sink tempat cuci piring yang mampet itu. saya juga Googling mencari solusi di internet. Pertama  saya mencoba menggunakan air garam dan air panas hasilnya nihil. Kedua mencoba lagi air panas dan sunglit (cairan cuci piring) tetap tidak berhasil. Coba lagi baking soda dan air panas masih gagal juga. Nah terpikiran membeli soda api tapi saya juga masih pikir - pikir karena ribet nya. Ya sebenernya gak ribet ribet banget cuma harus menggunakan pelindung tangan seperti sarung tangan dan pergi ke toko bangunan itu kok Yo selalu lupa!. Padahal tiap pulang jemput dan antar si kecil ke paud selalu melewati lho





mau coba pakek  plunger tapi tidak bisa karena saluran wastafel nya ada mentungul (pipa tidak rata). Lalu Suami saya beritahu, respond-nya :

"panggil sedot WC saja Bun! si itu, bayar 250 ribu " 

aku langsung mikir. *MAHALLL!!* , mending buat beli sepatu nya Ipan (anak saya minta sepatu nyala, yang ada lampunya itu lho. kayak temen nya)
Obat-kimia-untuk-mengatasi-wastafel-dapur-tempat-cuci-piring-yang-mampet

Akhirnya saya Googling lagi, lihat thread di forum membahas ini dan kebetulan ada thread menuliskan coba kasih pembersih dranex. Kalau kata mereka ini mah versi elite soda api.  Karena sama sama mengandung HCL jadi bisa buat bersihkan wastafel karena katanya penumpukan sisa - sisa makanan bisa bikin kerak keras dan menyumbat pipa saluran air. Nah melihat tulisan HCL dan kerak saya jadi teringat pembersih WC. tahu  kan itu  bahan pembersih kimia yang di gunakan bersihkan kerak di closet. Langsung saya coba ambil lalu grojok kedalam pipa, diam kan, lalu saya siram air panas. Wow! air nya jalan mengalir walau sangat sangat super duper lama. 

Kemajuan! Wah hancur ni kerak nya tapi masih gak bisa keluar.
Perjuangan-cara-mengatasi-wastafel-dapur-tempat-cuci-piring-yang-mampet

Uli Terus browsing lagi cari tau caranya tukang sedot WC benerin wastafel dapur yang mempet. Saya praktekkan pakek selang, saya siram lobang nya. Lah! luber keluar semua kotoran -kotoran dari dalam pipa. Terus saja saya siram Sampek akhirnya keluar lah gumpalan besar keras. Saya tamati dan amati sepertinya itu mirip air bekas lemak bila merebus ayam. Ada lagi mirip susu beku (tau ya susu kalau kelamaan bermalam)

Obat-untuk-mengatasi-wastafel-dapur-tempat-cuci-piring-yang-mampet
Penampakan lemak kerak penyumbat wastafel dapur

Ya sudah saya teruskan saja grujuk air pakek selang terus sampai air yang awalnya keluar butek karena bercampur kotoran (mbalek keatas) berubah bening karena kotoran keluar. Akhirnya tembus lah pertahanan sield lemak lemak itu. Bahagia! sudah lancar lagi saluran airnya. bahagia tidak jadi panggil tukang WC dan saving Rp. 250.000. sayang nya kebahagian tidak bertahan lama.

 Saya langsung kejang lihat dapur berubah jadi lautan. Lihat barang barang saya yang basah tergenang air. Mencium aroma rumah yang amit  - amit. Akhirnya saya mengepel satu rumah karena air mengambang di mana mana. Setelah ngepel saya langsung tidur seperti orang pingsan. Badan rasanya remuk redam!

Keesokan hari nya, sepulang sekolah saya dan Ipan mampir toko sepatu.

Sepatu-baru-ada-lampu-led-anak-laki-laki

Kaivan-senang-dapat-sepatu-baru-ada-lampu-nya-anak-lanang
Hahaha..  entah mengapa saya bangga banget lihat si bocil senyum pakek sepatu baru. Capek yang semalam bersihin rumah ngepel bolak -balik biar tidak lengket dan bau langsung hilang!. Saya Ngerasa kayak wonder momy banget bisa saving uang dan mengalihkannya ke porsi lainnya. Serasa manusia paling pinter.. wkwkwk... Lebay banget ya? Ya udah lah pokoknya gitu. Happy ending! 

Inti nya sich cerita ini jika wastafel dapur mampet biarkan dulu airnya ngesat lalu beri obat pembersih WC / kloset seperti porstex, bebek atau WPC diamkan dulu hingga kira - kira sudah cukup lalu di siram dengan air panas. Selanjutnya biarkan lagi air mengalir hingga habis. Nah, berikutnya siram dengan aliran deras air terus menerus hingga semua kotoran keluar. 

Ok that's all... Thanks for stopping by. See you on the next posting. 

With love
Uli mayang

No comments:

Post a comment

Thanks for a nice comment

uli mayang.