16 August 2015

SENDANG TIRTO KAMANDANU KEDIRI bisa awet muda dan tinggi derajat


SELAMAT SIANG SEMUANYA...

HAPPY WEEKEND... -----

Perkenalan dulu ya..
sendang tirto kamandanu merupakan salah satu situs kuno peningggalan kerajaan kadiri tempat pemandian ini terletak di desa Menang, kecamatan Pagu, kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. di Percaya sebagai tempat Raja dari kerajaan Kadiri yaitu Prabu Sri aji Joyoboyo mensucikan diri sebelum mukso.

Mitos yang beredar di masyarakat mandi di Sendang tirto kamandanu dapat menaikkan drajat serta memperlancar urusan pekerjaan. selain untuk menaikan derajat di percaya mandi dengan air dari sumur sendang tirto kamandanu dapat membuat awet muda. Bagai mana tergiur untuk berkunjung?


kebetulan lokasinya dekat dengan kediaman orang tua suami uli mayang jadi uli mayang datang berkunjung sekalian nyoba cuci muka. siapa tau bisa awet muda beneran hahah... LoL kebetulan uli mayang datangnya pas pagi hari minggu, jadi belum ramai pengunjung. biasanya di hari libur sendang tirto kamandanu ini ramai pengunjung baik dari dalam kota, luarkota bahkan terkadang bisa jumpa bule juga xixix...


 sayang nya dari pemerintah kota kediri kurang memperhatikan sendang tirto kamandanu ini sehingga salah satu situs dari kerajaan tertua jawa ini terlihat kurang terawat. kebetulan kami berjumpa dengan juru kunci dari sendang tirto kamandanu ini yaitu bapak Tugino , beliau sudah tiga tahun ini menjadi juru kunci di sini. cukup lama kami berbincang - bincang dengan beliau, dari penuturan beliau kami dapati informasi kalau para anggota DPR, ABRI, bahkan salah satu bupati tanah jawa pernah dan sering mandi di sini. wuuuiiihhh...
nah ini dia sumur yang di percaya airnya berkhasiat meninggikan derajat dan membuat awet muda. uli mayang pertama masuk sengang tirto kamandanu ini awalnya heran karena banya penjual yang menjajahkan atau menjual jeridgen di luar, begitu juga para pengunjungnya. setelah mendengar penuturan dari bapak Tugino selaku juru kunci akhirnya uli paham juga. next i will bring a big bottle also...yeah !!
 Gambar di atas merupakan  Patung / arca Dewa Ganesa. Umur nya yang pasti sudah sangat tua bayangkan saja masa pemerintahan prabu asri aji jayabaya di kerajaan kadiri  sudah berdiri pada tahun 1135 - 1157 dan peninggalannya bisa kita lihat sampai saat ini.
pintu berbahan asli dari kayu jati yang masih kokoh dan kuat. batu batu andesit pembuatan gerbang ini asli batu gunung yang di susun tanpa menggunakan semen. saya bingung bisa kuat dan awet kenapa ya? padahal tidak pakai semen. ternyata rahasianya orang dulu menggunakan kunci dalam penyusunannya. kalau pun menggunakan perekat di gunakan putih telur. can you imagine that? how many eggs used for this gate?
Outfit : 
Batik red dress, sewed by my self
black wedges, Gabino
Bag, Pasar Turi

Ragil and Mr.tugino

well that's all for to day see you next posting ... thank you for stopping by..

with love

uli mayang




6 comments:

  1. great post and nice place :3

    www.adhiwahyudi.com

    ReplyDelete
  2. Fotonya keren-keren dan resolusinya mantap. Apik tenan. Aku belum pernah ke Sendang Tirto. Lain waktu semoga bisa kesana, biar awet muda dan hidup mulia.

    ReplyDelete
  3. Uli, I love your red dress... it looks great on you and the temples are a beautiful backdrop xox ♡

    ReplyDelete
  4. Stunning photos dear! I really like reading this kind of post cause I imagine to travell all over the world! ^-^
    Would you like to follow each other? Let me know on my blog!
    Have a lovely day!
    www.milleunrossetto.blogspot.it

    ReplyDelete
  5. Hi Dear! Amazing look, you look really slim like a model:)
    Have a great week!
    kisses

    http://irreplaceable-fashion.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. that place looks magical. I would love to visit it. great photos and nice dress.
    http://www.fashionillustrationsbynchimy.blogspot.com

    ReplyDelete

Thanks for a nice comment, don't forget to leave your url so i can visiting back.

uli mayang.