22 February 2016

BLOGGING : Kendala dan kesulitan disiplin posting

Salah satu resolusi saya di tahun 2016 adalah posting minimal seminggu dua kali.  Untuk memenuhi target tersebut saya menjumpai beberapa kendala yaitu ; kendala di waktu, mood yang naik turun dan tema.

Waktu menjadi masalah besar buat saya dalam hal disiplin posting. Saya bukan seorang yang memiliki banyak waktu luang dan bisa duduk manis berjam jam. Saya juga bukan seorang full time blogger yang menggantungkan hidup dari blog. Pendapatan utama saya ada di dunia nyata. Sampai hari ini februari 2016, saya masih bekerja pada salah satu instansi swasta yang pastinya terikat jam kerja dan kewajiban. Oleh sebab itu saya kesulitan dalam hal posting teratur. Maklum saja saya manusia bukan robot. saya seorang Istri, calon Ibu, karyawan dan blogger yang dituntut bisa mengatur waktu dengan baik. 

Saya tipe orang yang moody, dengan mood naik turun yang unprendictable. Sepersekian detik mood saya bisa berubah drastis. Kalau lagi panas dan semangat satu hari saya bisa menyelesaikan satu materi posting lengkap dengan foto nya. kalau lagi melempem dan malas bisa satu bulan bahan posting tersimpan di otak saja. Satu lagi saya sulit bekerja di bawah tekanan. 
Tema di blog uli mayang ini termasuk banyak sekali, (saya selaku penulisnya juga heran, keinginan saya blog ini spesifik satu tema saja tapi saya juga tidak rela meminimalisasikannya). Blog yang profesional menurut pendapat saya adalah blog yang memiliki tema pembahasan yang jelas atau satu tema. Misalnya blog dengan tema masak memasak berarti isinya semua berhubungan dengan masak memasak, topiknya peralatan masak, bumbu, resep, makanan dan rasa. Ngelus dada liat blog uli mayang yang tema nya kebanyakan. Tidak apa lah isi blog ini macam macam biar rame rasa nano nano.  Oleh sebab itu uli mayang blog ini termasuk blog pribadi atau personal blog, blog ini saya buat untuk menyalurkan hobby dan berbagi informasi dengan siapa saja yang tanpa sengaja kesasar maupun yang dengan sengaja mengunjungi blog ini. Harapannya kedepannya blog ini bisa membantu dan mengisi waktu luang pengunjungnya.


Lalu hubungan kendala posting dan tema di mana? Kendala atau lebih gaulnya di sebut GENDALA terletak pada terlalu banyak pilihan sehingga saya sering bingung tentang tema yang mau di posting. Kehendak dan kenyataan terkadang tidak berjalan seirama. Ngomong opo to yo yo..  maksud hati menulis dengan tema bergantian secara teratur pada kenyataannya tidak bisa! Kenapa? Jawabannya manusiawi pertama malas repot, kedua ide yang ada di kepala terlalu banyak dan ketiga terbentur jam terbang. Belum jelas? Saya jelaskan, untuk membuat sebuah post dengan tema tutorial atau diy atau swatch butuh waktu lumayan lama, foto step by step yang pastinya juga repot, dan ada kalanya ide di kepala banyak namun satu tema misal nya lagi senang tema diy bisa satu bulan penuh yang ada di otak saya cuma tentang diy yang otomatis postingnya juga hanya tentang diy. Padahal ini kan bukan blog prefesional yang hanya soal diy aja. Daya imajinasi saya termasuk tinggi effek dari terlalu lama mengenyam pendidikan di bangku Tk (taman kanak kanak). Jadi kalau masalah stuck atau tidak punya ide saya tidak pernah mengalaminya. Kreatif yang menjurus ke KEREaktif.

secara garis besar tema utama dalam blog ini adalah personal style, review product, personal, DIY, blogging dan travel. Dari tema utama tersebut pecah menjadi banyak topik.  Tema beranak pinak dan kemudian bercicit cicit, mari kita korek lebih lanjut. Contoh nya tema personal style (gaya berbusana pribadi saya) memiliki beberapa topik seperti outfit (brand detail pelengkap busana), art (hal hal yang menginspirasi dan seni), sketch dan drawing (hampir sama isinya berupa gambar maupun seketsa baik yang saya buat sendiri maupun tidak)
Di susul tema Review product (meriview dan mengulas tentang suatu product yang kebanyakan produk kecantikan). Review produk produk kecantikan memiliki banyak sub topik contohnya hair care, body care, skin care, decorative product, tools/peralatan penunjang make up dan nail care. Di samping itu masih ada topik lainnya mulai dari swatch (melihat hasil aplikasi produk pada kulit), versus (membandingkan antara beberapa produk). Haul (produk apa saja yang di beli)  ada niat jelek pamer dalam topik ini. Padahal yang di beli cuma produk murah ja haha.. dan topik empties ( produk yang habis). 
Tema Personal (tentang penulis) yang membahas tentang saya selaku pemilik dari blog uli mayang ini. Sebenarnya tidak penting banget, tapi suka suka saya donk blog blog saya yang nulis juga saya. Rugi men punya blog kagak bisa EKSIS. Topik nya ada daily activity (kegiatan sehari - hari), curhat, my opinion (pendapat saya tentang suatu issue atau hot news),  motivation ( hal hal yang memotivasi saya), my plan (rencana rencana saya ke depan atau target) terakhir family dan sweet home (tentang keluarga dan istana mungil saya).
Tema DIY (Do It Your Self) yang isinya merupakan kerajinan tangan atau handy craft memiliki beberapa topik seperti Recycle (mendaur ulang barang bekas di sekitar kita), tutorial (tutorial dekorasi make up, rambut dan kuku), home made face care product (cara buat perawatan wajah di rumah) dan home made skin care product (cara buat perawatan kulit di rumah). Sebenarnya masih banyak lagi ada pattern, knitting, sewing dll, dan sepertinya masih akan bertambah. Kata orang saya tipe manusia tikus, karena suka simpan sampah. Semakin banyak sampah semakin kreatif dan semakin sering suami saya ngomel ngomel.
Tema blogging membahas pernak pernik blog. Intinya apa pun tentang dunia per-blogging-an. Bisa review blog (membahas dan memperkenalkan blog yang saya suka), serba serbi blog, dan about blog
Terakhir tema Travel atau jalan jalan. Saya suka jalan jalan, menikmati pemandangan, mengunjungi tempat tempat cantik dan berbagi tentang pengalaman perjalanan mengunjungi tempat tempat tersebut begitu menyenangkan buat saya. Selain itu Salah satu misi blog uli mayang mengenalkan kota kecil tempat saya tinggal yaitu pare - kediri - jawa timur
Setelah saya lihat posting saya kali ini kelewat panjang, pantas saja saya merasa capek nulisnya. Ya sudah lah sekali beberapa kali tidak apa apa. Hehe.. 
Mungkin ada masukan dari teman teman untuk mengatasi masalah saya? Atau mungkin ada yang bernasib sama? Bisa share di colom comment.

Sampai jumpa di post berikutnya
Salam sayang

Uli mayang

10 comments:

  1. Uli, I think you should only blog when you have time. .. I'd like to blog more but I have time constraints too. .. you'll be a busy mama soon xox ♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah launna i will be a busy mom soon, waiting for sweet angel baby :D

      Delete
  2. Blogging takes up a lot of our time and we need to set our priority. With family and work, we hardly have time to blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah you are right nancy time priority is important. :D

      Delete
  3. agreed with Nancy ,i am a wife mom and teacher so for blogging i have to grab some time from tough routine ,best wishes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks baili for visiting me, yeah become wife mom and career women also blogger its not easy, time managemen its really important :)

      Delete
  4. mood nomor 1 tuh yang paling berpengaruh.. materi ada, tapi nulis nya maleesss... tapi karena banyak antrian, ya mau gak mau terpaksa gak malas hehhehe..
    mungkin mba uli bisa tetapkan niche blog nya biar gak random gado gado begitu.. misal nya focus di DIY masih jarang nih blog yang ngunsung DIY. sebulan sekali boleh tuh masukin postingan personal atau travelling, atau kuliner, sah kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. mood nya kudu di stel terus nie.. iya ni blog gado gado banget. Ada suka ada duka juga. Kalau diy waktunya buat moto dan step2nya itu lho lama banget.. kalau kerja kagak sempat biasanya cuma ambil foto pas minggu. Itu pun di nyuri waktu hehe..

      Delete
  5. Gak papaaa banyak tema yang penting tetap enjoy nulis itu yang utama, nikmati prosesnya disitu hepinya fufufufu

    Apa kabar uliii?? Daku baik2 saja tp udah jarang ngeblog :D. Lamaaa ya saya tidak muncul di blog ini, gimana? Gimana baby?? Kapan? Kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo rin, baek kabar diriku.. dikau jarang aktip blogging lagi ya.. pdhl tutorialnya kece badai punya. Iya ni yang penting happy ya...

      Si baby dah lahir sehat... namanya arvinza kaivan wistara..

      Delete

Thanks for a nice comment, don't forget to leave your url so i can visiting back.

uli mayang.