05 November 2016

DIY cara membuat Ring Lighting Murah sendiri Ring Flash

hy cantik..
kali ini uli mau berbagi tentang kendala dalam blogging saya yang utama yaitu "pencahayaan". sebagai karyawan otomatis waktu pagi hingga sore bahkan malam saya habiskan dengan kegiatan berhubungan dengan pekerjaan saya. hal ini sedikit mengganggu kegiatan blogging saya karena saya kehilangan waktu terbaik dalam memotret. 

yup waktu terbaik memotret menurut saya adalah pukul 08.00 - 11.00 tapii... itu kan waktu kerja.
bagai mana dengan memotret di akhir pekan? tidak bisa, saya memiliki bayi usia enam bulan, baby lucu arvinza kaivan. akhir pekan merupakan waktu anak saya dan keluarga saya. sebisa mungkin saya menghindari melakukan kegiatan yang menggangu kebersamaan kami. so waktu blogging adalah saat putra saya istirahat di malam hari.

Memotret di malam hari sangat tidak saya anjurkan, but karena momentnya cuma itu maka saya mencari solusi agar dapat memotret di malam hari tapi hasilnya bagus. matahari merupakan lighting atau pencahayaan terbaik dan utama tapi di saat kepepet begini pencahayaan buatan merupakan solusi.
saya sudah browsing dan mencari DIY tentang ringlighting atau ringflash dan hasilnya OMG jatuhnya tetap mahal. 




  • lampu LED brand philips yang bulat itu sekitar Rp 90.000 belum biaya pasang nya kurang lebih totalnya Rp 130.000. belum lagi saya masih harus memikirkan tempat menaruhnya yang pastinya memakan biaya juga. so saya skip ide ini.
  • next saya berpikir tentang Lampu LED kecil kecil yang menyala di dalam selang bening kecil. Harganya Rp 140.000. OMG saya skip juga.
  • berikutnya saya berencana memasang led ber kaki yang kecil kecil itu sendiri. tapi batal karena harus berhubungan dengan sirkuit, lampu led kaki, gulungan timah dan solder. RIBET
Akhirnya saya menggunakan Lampu Hiasan kelap kelip yang biasanya di gunakan di pohon Natal. well untuk yang lampu warna warni harganya RP 25.000, lebih murah dari yang satu warna putih Harganya Rp 50.000,-. saya putuskan menggunakan lampu hias ini saja.
Bahan dan alat 

Kertas Alumunium foil Rp 15.000,-
Lampu hias putih Rp 50.000,-
isolasi / selotip/  sisa dari Diy lama rumah 
katon bekas
kawat bekas
sumpit
gunting

  • Step by Step cara membuat RingLighting sendiri di rumah
  • gunting karton berbentuk bulat dan gunting tengahnya
  • balut karton bulat tersebut dengan kertas alumunium foil
  • bolongi karton yang sudah di balut dengan alumunium foil lalu masukkan lampu hias di bolongan 
  • tata lampu hias agar tersusun rata pada permukaan karton
  • susun dan isolasi kabel di bagian belakang karton. dan WALLAA.. ringlighting sudah jadi..

  • sebagai tambahan kawan kawan dapat membuat tempat untuk ring lightingnya. caranya cukup dengan menggunakan kertas karton di buat seperti gambar di bawah ini, penampakannya seperti cetakan agar agar. tempat ring lighting lalu di lapisi sisi dalam nya dengan kertas alumunium foil. kemudian masukkan ringLinghting yang sudah kita buat tadi kedalamnya.
  • berikan cantolan kawat di bagian belakang agar bisa di gantungkan pada tripod. 
  • Jreeennngg..!!! senang banget dengan modal Rp 65.000,- saya sudah punya Ring Lighting sendiri. 

bagaimana menurut teman teman? kalau buat uli pribadi ini sangat membantu banget buat foto di malam hari. apalagi buat selfie asik banget.. heheh... tampilannya jelek ya? gak papa lah maklum saja harganya juga murah. sampai sini dulu ya sampai jumpa lagi di posting brikutnya..
salam sayang

uli mayang

5 comments:

Thanks for a nice comment, don't forget to leave your url so i can visiting back.

uli mayang.