27 October 2017

DIY : pajangan tulisan loundry ( laundry latter )

Hy cantik...
cara buat kerajinan tangan diy tulisan loundry dari kayu pallet bekas
 Uli lagi seneng ber diy an nich mumpung banyak kayu sisa di belakang. kayu bekas bangun rumah kemaren, dari pada di buang sayang mending di buat pajangan. Betul gak? Yuk Mari buat laundry latter atau pajangan tulisan laundry dari kayu bekas. tapi sebelum itu siapkan bahan dan alatnya dulu ya cantik. khusus buat adek adek yang belum atau tidak terbiasa megang alat pertunkangan alangkah baiknya minta bantuan orang dewasa. karena menggunakan benda tajam yaitu gergaji yang tajam dan berbahaya !






alat dan bahan diy pembuatan kerajinan hiasan kayu pallet
alat dan bahan :
pensil, cat, kuas, tiner, wadah, amplas gergaji, penggaris, paku dan palu.
khusus gergaji karena kemaren gergaji kayu saya hilang tak tahu rimbanya jadi saya pakai gergaji besi :D

cara membuat pajangan tulisan dari kayu sendiri di rumah
langkah pertama : 
bersihkan permukaan kayu dengan cara di amplas menggunakan kertas amplas / kertas gosok kayu, agar nantinya cat menempel dan permukaan kayu halus sehingga mudah di gambar. kemudian ukur kayu dan potong sesuai keinginan / sesuai desain pola. kalau saya pengennya yang ringkas saja cukup persegi panjang. (maaf foto nya kurang senono, gak ada yang bantuin jadi yach begitulah.. )

tips agar mengecat kayu pallet hitam rapi dan mudah diy
Langkah kedua :
campur kan tiner dengan cat kayu hitam dalam wadah lalu aduk hingga tercampur rata. selanjutnya blok kayu dengan menggunakan kuas dan cat hitam yang telah di campur dengan tiner sebagai dasar background dari pajangan hiasan tulisan loundry. ngecatnya yang rata ya jangan blonteng blonteng. usahakan cara ngecat nya satu arah terus agar rapi. bila kayu pallet telah tertutup rata oleh cat tinggal kita jemur atau di angin anginkan agar cat mengering. ingat di tunggu hingga kering sempurna. kalau saya sich biarkan satu malam, keesokanya baru lanjut lagi.

cara agar mengecat kayu pallet hitam rapi dan mudah
Langkah ketiga :
nah setelah background atau cat hitam hiasan dari pallet kayu kering kita dapat melanjutkan ke step berikutnya yaitu memberi garis tepi. tips nya agar rata dan tidak menciprat ciprat ada baiknya menggunakan bantuan dari ketas tape atau isolasi. kali ini uli mayang menggunakan tape kertas. tape kertas di tempel megelilingi pinggiran kayu pallet seperti bingkai dua bagian atas dan bawah. kemudian bagian tengah di cat menggunakan cat berwarna putih.
laundry latter

cara menulis dengan cat di kayu pallet
langkah keempat :
bagian tengah dari papan palet di gambar atau di tulis sesuai selera menggunakan pensil. nah tulisan hiasan palet buatan uli adalah 'wash and dry' laundry service co. karena memang bakalan saya gantung di luar di atas mesin cuci di tempat jemuran. selanjutnya setelah desain dasar jadi tinggal di blat atau di tebali menggunakan kuas dan cat putih. jangan lupa, isolasi tape yang tadi kita tempel untuk pinggiran bingkai dapat di lepas sekarang. sampai di sini sebenarnya sudah  selesai tinggal di angin anginkan agar cat mengering.

diy tulisan loundry dari kayu pallet bekas mudah bagus
tara... sudah jadi sudah cakep tinggal di pajang. bagai mana menurut teman teman? udah pada nyoba belum? kalau sudah bisa share ya ke saya. kasih link nya atau tag di ig @ulimayang . oh ya uli ikutan DIY blog award 2017 lho! jangan lupa ya di dukung di sini.

sampai di sini dulu sampai jumpa di posting berikut nya. 
salam sayang.
uli mayang

4 comments:

  1. rajinnya mba, saya urusan beginian nggak telaten. Tapi boleh juga idenya, untuk eksekusinya kayaknya saya minta tolong suami aja deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iseng Mbag dari pada nganggir gak jelas. Hehehe... Hey Mbag minta tolong suami aja kalau gak biasa pegang alat tukang. πŸ’‹

      Delete
  2. Uli, you did a great job, I love how it turned out... I seriously wish I was this talented xox

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you launna... I wish I can write like u that touching every heart πŸ’•

      Delete

Thanks for a nice comment

uli mayang.