23 April 2020

Upaya meminimalisir penyebaran covid - 19


Upaya-meminimalisir-penyebaran-covid-19

Hai ketemu lagi, masih soal covid 19. Jika kemaren kita sudah membahas apa itu covid 19, dampak nya pada kehidupan sehari-hari, sekarang kita bahas apa saja upaya yang dapat kita lakukan guna meminimalisir penyebaran virus covid - 19. Langsung saja

Pertama jaga kebersihan
  Semua kebersihan harus di jaga. Jagalah kebersihan diri dengan rajin cuci tangan, menggunakan air mengalir dan sabun. Cuci tangan dengan sabun minimal 20 detik. Cuci tangan dengan benar sesuai  atau anjuran yaitu dengan mencuci semua lipatan dengan rata hingga sela - selah jari dan kuku.

Detergen atau sabun antiseptik mengandung iodine Yang dapat mengintervensi lemak yang terdapat pada dinding sel mikroorganisme hingga pecah. Menyebabkan virus organisme mati. Sehingga penyebaran virus Corona bisa di tekan dengan rajin cuci tangan. Hasil penelitian membuktikan bahwa cuci tangan dengan sabun lebih efektif di banding menggunakan handsanitizer.




Namun saat keluar atau sulit menjangkau air dan sabun kawan dapat menggunakan handsanitizer sebagai langkah darurat.

Selain mencuci tangan rajin - rajin lah menjaga kebersihan rumah seperti mengepel rumah dengan cairan antiseptik atau pembersih lantai. Mencuci semua peralatan makan dengan sabun. Mencuci pakaian dengan detergen. Jaga juga kebersihan benda benda yang biasa kita gunakan seperti ponsel. Ponsel saya sendiri di lapisi screen guard dan hard casing sehingga saya tidak takut untuk membersihkan permukaan ponsel dengan cara di lap menggunakan kapas dan alkohol. 

Sosial distancing 
Selanjutnya adalah menjaga jarak dan berusaha menjahui kerumunan. Usahakan untuk selalu menjaga jarak satu sampai dua meter dengan orang lain. Hal ini berfungsi untuk menjaga saat ada orang lain batuk atau bersin droplet (percikan air) tidak mengenai diri kita. Virus Corona ada dan menyebar melalui droplet orang yang terinfeksi yang terpapar pada orang sehat. 

Saat mengantri usahakan agar tetap menjaga jarak. Usahakan untuk tidak berada pada kerumunan orang banyak. 


Memperhatikan asupan gizi.
Konsumsi makanan bergizi dan bisa di tambah dengan suplemen. Makanan bergizi adalah sayur, buah - buahan, protein dan karbohidrat dalam porsi seimbang. Jadi nasi lauk mie instan tidak termasuk ya guys! Gak perlu lah timbun mie instan saat ini. Karena saat ini memasuki bulan Ramadhan dan besok kita puasa maka sahur dan berbuka lah dengan makanan sehat yang di masak dengan matang sempurna. Makan makanan mengandung banyak gizi. Lalu ganti menu jangan terus terusan bertahan dengan satu menu agar tidak jenuh.

Fyi, hasil penelitian profesor di surabaya di katakan curcumin baik untuk imunitas. Curcumin terdapat pada empon - empon (jahe, kunyit, temulawak, sereh). Namun ini masih pro dan kontra. Banyak juga yang menolak.  Saya pribadi mengkonsumsi kunyit selama ini untuk melancarkan datang bulan. Jadi ya tetap lanjut. Seperti sudah kebiasaan minum wedang jahe juga di pagi hari. Mpon - mpon ini sangat baik untuk menghangatkan tubuh di musim penghujan ini. 

Manfaat-tidur-untuk-kesehatan-melawan-virus-corona-covid-19

Istirahat cukup
Penting sekali untuk menjaga badan tetap fit. Setelah lelah beraktivitas seharian berikan waktu untuk badan memulihkan energi. Istirahat atau tidur berfungsi untuk meregenerasi sel yang rusak, mencegah penyakit, meningkat kan energi dan mencegah stress. Kalau kata pepatah mensana in corporesano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. 

Jadi istirahat lah agar imunitas kuat dapat menangkal virus covid - 19. Ingat kata bang Roma. 'Begadang jangan begadang, Kalau tiada artinya' 

Gunakan masker saat keluar. 
Entah sakit atau tidak saat keluar rumah wajib menggunkan masker. Tidak harus Masker bedah, menggunakan Masker kain pun tidak apa - apa. Masker dapat menjaga diri sendiri dan orang lain. Masker kain sangat baik karena dapat di gunakan kembali setelah di cuci dengan detergen. Harganya pun terjangkau. Jika kawan memiliki waktu luang kawan dapat mencoba membuat sendiri masker kain. Hitung - hitung mengisi waktu luang. Ada banyak pola di internet yang bisa di coba. 

Masker melindungi percikan droplet mengenai orang lain saat batuk atau bersin. Walau pun masker baik ingat untuk mematuhi cara membuka masker yaitu dengan membuka tali nya. Tidak menyentuh bagian depan masker. Buka Masker terakhir saat sudah mencuci tangan. Gunakan masker sebaiknya tidak lebih dari empat jam. Ganti masker segera jika lembab. Baiknya memiliki lebih dari satu masker. 

Tetap dan usahakan di rumah saja. 
Jangan keluar jika tidak benar benar penting. Mari kita bantu garda depan dengan menjaga diri di rumah saja. Rumah kita sangat aman. Kita sudah menjaga kebersihan rumah kita dengan berbagai cara. Mulai dari ngepel dengan disinfektan dan hanya keluarga kita yang memasukinya. Bukan kah rumah jauh lebih aman dari tempat ramai di mana kita tidak tau kebersihannya. Maka di rumah saja.

patuhi SOP sebelum dan saat hendak keluar rumah. Bersihkan diri sebelum masuk rumah. Cuci tangan dengan sabun, Langsung buka dan rendam dengan sabun pakaian yang di gunakan. Mandi jika memungkinkan. Bersihakan semua alat yang di bawa dari luar seperti permukaan tas dan handphone. 

Untuk yang tidak memiliki kran air di depan rumah bisa menggunakan gentong atau ember di beri kran. Dalam upaya meminimalisir penyebaran covid 19 hampir semua rumah di kampung saya menyediakan gentong air untuk cuci tangan di depan rumah. 

terakhir berdoa dan tetap bahagia. 
Karena bahagia menjaga imunitas tubuh.  Tetap tenang jangan panik. Lakukan berbagai macam kegiatan sibukkan diri agar tidak terus terusan panik dengan Corona. Tetap waspada. Jaga kewarasan agar tidak mudah sakit. Lakukan ikhtiar terbaik sisanya serahkan pada pencipta. Semoga selalu sehat dan sampai jumpa besok.

Salam sayang
Uli mayang

Source :
https://amp.kompas.com/sains/read/2020/03/10/071600023/alasan-cuci-tangan-pakai-sabun-bisa-cegah-corona-tak-perlu-antiseptik

https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparansains/kenapa-detergen-disebut-bisa-bunuh-virus-corona-apa-bedanya-dengan-sabun-1t2Qh0HLkS2

No comments:

Post a comment

Thanks for a nice comment

uli mayang.