22 April 2020

Bersama kita hadapi pandemi

Bersama-kita-hadapi-pandemi-covid-19-AKP-sukarman-kapolsek-tarokan
Hai semua bagaimana kabarnya. Semoga Kita semua selalu sehat ya dan yang sakit semoga segera di beri kesembuhan. Seperti judul entri Kali ini "bersama kita bisa hadapi pandemi" uli pengen nulis gimana cara kita membantu sesama saat pandemi ini. Yuk langsung saja

Lindungi diri Dan keluarga
Pertama Dan utama tentu saja Kita  harus mulai dengan menjaga diri sendiri dan keluarga Kita. Dengan menjaga diri sendiri, Kita bisa mengurangi beban tenaga medis dan lebih berguna untuk membantu sesama Kita. Bayangkan jika Kita sakit bagaimana Kita hendak membantu? Yang Ada, kita yang butuh di Bantu dan menambah beban tenaga medis Kita. Jadi mulai lah hidup sehat, makan bergizi, istirahat cukup, olahraga Dan berdoa.




Menolong tetangga dan lingkungan
Nah lanjut Naik tingkat Setelah menjaga diri Kita dan keluarga mari Kita lihat orang terdekat yaitu tetangga dan lingkungan. Mari sedikit lebih peka dengan lingkungan. Kita bisa membantu Tetangga Kita yang kekurangan atau terkena dampak langsung Corona. Uli tidak Tau bagaimana di tempat tinggal teman - teman sekalian. Tapi di tempat Saya banyak sekali Tetangga yang masih bergantung hidup dari penghasilan harian. Pekerjaan seperti buruh angkut pasar, tukang becak dll. Penghasilan mereka tidak tetap Dan  menurun drastis karena corona. Mari lah kita mengulurkan tangan dengan menyisihkan penghasilan dan membantu semampu Kita.
Ada berbagai Cara membantu salah Satu nya kita bisa memberikan sembako untuk mengurangi beban mereka. Mungkin tidak banyak tapi setidaknya mereka bisa tetap bertahan. Sangat menyenangkan saat Kita mengetahui ada seseorang yang peduli di saat kita susah. Ada rasa bahagia saat Tau Kita hidup di lingkungan yang peduli dengan Kita. Fyi, bahagia bisa meningkatkan imunitas. Imunitas yang baik bisa menangkal penyakit.

Selanjutnya Kita bisa menjadi relawan atau donatur untuk kegiatan desa. Desa tempat tinggal Saya selama pandemi ini sudah beberapa Kali melakukan penyemprotan disinfectant ke rumah - rumah. Uang yang di gunakan untuk membeli disinfectant tentu saja merupakan uang kas desa. Lalu Kita bisa mendonaturkan apa? Kita bisa donatur air mineral untuk para petugas. Jajan juga boleh atau Kita bisa menawarkan diri untuk jadi relawan jaga (biasanya khusus pria).
Di kampung Saya Ada posko relawan penanggulangan covid 19. Gang rumah kami juga di semi lockdown Dan di jaga. Puji syukur desa tempat kami tinggal masih aman, dan semoga terus aman. walau desa tetangga yang berjarak 2  km sudah beberapa orang warganya terjangkit covid 19.

Membantu tenaga medis dan garda depan
Ini yang urgent penting, Mari Kita Bantu sesama Kita yaitu para tenaga medis Dan Garda depan seperti pemerintah, aparat keamanan polisi, tni, satpol pp, ojek online, perbankan dll. Mari Kita Bantu beliau - beliau  ini dengan tetap berusaha di rumah saja. Mari Kita menjadi bagian Garda depan dengan menjaga diri Kita Dan keluarga. Mari Kita Bantu meringankan beban kerja beliau - beliau ini. Kita yang bisa di rumah ya di rumah saja. Biarkan yang kerja tetap bekerja dengan Aman. Terima kasih para Garda depan!

Garda depan seperti ojek online saat ini sangat merasakan efect dari corona. Orang banyak yang lebih memilih kendaraan pribadi. Banyak yang merasa Aman di rumah saja. Ada beberapa yang takut makan dari luar atau beli. Saya pribadi masih menggunakan layanan antar makanan untuk jajan. Teman - teman bisa membantu sesama kita para driver dengan berbagi rejeki dengan para driver. Jika membayar lewat cash bayar lah lebih Dan iklaskan kembaliannya.

Jangan membeli perlengkapan medis untuk diri sendiri. Jangan memborong APD, masker bedah, handsanitizer dll. Biarkan barang barang itu tetap di pasaran dan aman stok nya. Kita masih mampu untuk mencuci masker kain. Kita cukup menggunakan masker kain. Kita masih bisa cuci tangan dengan sabun. Ingat bahwa tenaga medis merupakan garda terdepan. Beliau ini yang langsung bersentuhan dengan pasien yang terinfeksi. Ingat bahwa para Hero ini juga sama dengan kita ingin sehat, ingin berjumpa dengan keluarga dan mereka mengemban tanggung jawab yang besar.
Bersama-kita-hadapi-pandemi-covid-19

Memberikan semangat kebahagiaan dan mendukung
Seperti yang Saya bilang berulang - ulang Bahagia meningkatkan imunitas. Dukungan Kita memberi semangat positive. Saya suka sekali posting ucapan terima kasih untuk para pejuang kemanusiaan. Beberapa teman yang kebetulan tenaga medis Saya kirim Kan Pesan Dan bertanya.


Bagaimana kabar mu sobat ku?
 Doa ku menyertai mu.
Terimakasih untuk kerja keras mu!
yang bisa Saya Bantu?

ini bukan Hal besar tapi mengetahui Ada yang peduli Dan menghargai usaha Kita membuat hati lebih riang. 

Tidak menyebarkan berita hoax
Tahan tangan untuk tidak share berita tanpa mencari kebenarannya terlebih dahulu. Ayolah Mari menjadi warga yang lebih teliti Dan cerdas Dalam menerima informasi. Bantu sesama Kita dengan melindungi mereka yang tidak mampu mengakses berita lebih cepat Dari Kita.
Ini Dari pengalaman Saya pribadi kemaren Ada ibu yang ketakutan datang ke rumah Saya mencari pekerjaan. Beliau menawarkan diri untuk membantu Saya besih bersih rumah. Waktu Saya Tanya "kenapa kok mendadak? Apa tidak jualan jamu?" (Karena beliau ini biasanya jualan jamu gendong keliling kampung). Kata beliau beliau menerima Pesan di group bahwa pasar di lockdown. Beliau tidak bisa kulak'an membeli bahan jamu. Padahal itu cuma hoax.

Saya tidak menyalahkan beliau karena usia beliau memang sudah tidak muda Dan setahu Saya pendidikan yang di tempuh beliau pun tidak sampai SMP. Saat ini ekonomi sedang lesu. Banyak yang terdampak keuangannya. Beliau ini salah satu korban. Melihat beliau saya juga kagum, beliau bisa langsung berpikir cara apa yg bisa di lakukan agar dapur tetap mengepul.

Jadi tolong Mari membantu sesama Kita dengan menjaga jemari tangan kita.
Bersama-kita-hadapi-pandemi-covid-19-AKP-sukarman-kapolsek-tarokan

Membagikan informasi bermanfaat
Setelah tahan jari sekarang lemaskan jari. Mari berbagi informasi yang bermanfaat untuk kesehatan bersama. Misalnya tips olah raga di rumah. Tips mengolah makanan Sehat. Tip kesehatan dll. Apa pun itu Mari jadikan diri berguna untuk sesama. Mari ciptakan keadaan bahagia. 

Saya yakin bersama Kita bisa hadapi pandemi ini. Pandemi ini pasti berakhir, tetap selalu berusaha untuk bermanfaat bagi sesama. Mungkin Kita  bukan super hero. Kita bukan gerda depan tapi kita bagian dari Garda depan.  Kita masyarakat, Kita lebih banyak. Kita mampu jika berusaha. Tidak perlu mencari Cara heboh Nan  sulit, Ada bagai macam Cara sederhana yang dapat Kita lakukan untuk membantu sesama melawan pandemi ini.

Sekian dulu postingan hari ini, Samapi jumpa besok.
Salam sayang
Uli mayang
Source :

Gambar: https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/pewartawargakediri/5a9f8d3edd0fa8397b324375/tni-polri-bantu-kelancaran-bansos-kades-tarokan

Edit : canva

No comments:

Post a comment

Thanks for a nice comment

uli mayang.