20 April 2020

Apa itu covid - 19 ? Kenalan yuk..

Hy
Apa-itu-corona-virus-novel-covid-19

Baru - baru ini satu dunia di hebohkan dengan sebuah penyakit yang di sebut COVID - 19 atau akrab di telinga kita dengan sebutan Corona virus. Setiap hari berita TV mengabarkan tentang perkembangan covid - 19. Apa sich sebenarnya COVID - 19 ini? Emm.. apa ya? kenalan yuk sama si covid biar sedikit lebih tenang. 

COVID - 19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis Corona virus yang baru di temukan. Virus ini pertama kali di temukan di Wuhan pada Desember 2019. Virus ini menginfeksi saluran pernafasan dan dapat menyebabkan kematian. 




Gejala umum dari covid - 19 adalah
Demam
Sesak nafas
Batuk kering
Hidung tersumbat /flue
Badan terasa sakit / nyeri
Sakit tenggorokan
Diare

Ada beberapa orang yang terinfeksi namun tidak menunjukan gejala apa pun. Positif tanpa gejala ini di sebabkan imunitas diri yang baik. Fyi, Di kota tempat tinggal saya sendiri ada satu keluarga yang positif covid - 19. Kepala keluarga meninggal karena covid - 19 dan tiga anggota keluarga lainnya positif tanpa gejala. Mereka yang tanpa gejala ini lah sebenarnya sangat mengkhawatir kan dapat menularkan virus tanpa tahu bahwa dirinya pembawa virus. 

Penularan COVID - 19
Penularan terjadi melalui percikan droplet dari orang yang terinfeksi ketika batuk atau bersin kemudian terhirup orang yang sehat. 
Selain itu penularan dapat terjadi ketika menyentuh benda yang terkontaminasi droplet oleh orang terinfeksi covid - 19 yang kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata.

Covid - 19 di tetapkan sebagai pandemi global. Hal ini di sebabkan karena Corona virus merupakan virus baru, menginfeksi banyak orang dan mudah menular. Masa inkubasi coronavirus novel adalah 2 - 14 hari setelah paparan ini lah mengapa isolasi mandiri setelah berpergian atau pulang dari luar kota biasanya di tetapkan 14 hari. 

Upaya agar terhindar dari Covid - 19

- Menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan, menggunakan handsanitizer ketika kesulitan mengakses air. 

-Sosial distancing menjaga jarak dan berusaha menjahui kerumunan

-Memperhatikan asupan gizi. Konsumsi makanan bergizi dan bisa di tambah dengan suplemen. Dari hasil penelitian profesor di surabaya di katakan curcumin baik untuk imunitas. Curcumin terdapat pada empon - empon (jahe, kunyit, temulawak, sereh). Namun ini masih pro dan kontra. Banyak juga yang menolak.  Saya pribadi mengkonsumsi kunyit selama ini untuk melancarkan datang bulan. Jadi ya tetap lanjut. Seperti sudah kebiasaan minum wedang jahe juga di pagi hari.

- Istirahat cukup. Penting sekali untuk menjaga badan tetap fit. Berikan waktu untuk badan memulihkan energi.

- Gunakan masker saat keluar. Entah sakit atau tidak saat keluar rumah wajib menggunkan masker. Masker kain pun tidak apa - apa. Masker dapat menjaga diri sendiri dan orang lain.

- Tetap dan usahakan di rumah saja. Jangan keluar jika tidak benar benar penting. Mari kita bantu garda depan dengan menjaga diri di rumah saja.

- patuhi SOP sebelum dan saat hendak keluar rumah. Bersihkan diri sebelum masuk rumah. Langsung buka dan rendam dengan sabun pakaian. Mandi jika memungkinkan.

- terakhir berdoa dan tetap bahagia. Karena bahagia menjaga imunitas tubuh.  Tetap tenang jangan panik. Tetap waspada. Jaga kewarasan agar tidak mudah sakit. Lakukan ikhtiar terbaik sisanya serahkan pada pencipta. 

Upaya-melindungi-diri-dari-covid-19-corona-virus-novel


Salam sayang
Uli mayang


Source :

https://m.liputan6.com/bola/read/4205558/gejala-virus-corona-covid-19-kenali-perbedaannya-dengan-flu-dan-pilek

https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/19/203100523/simpang-siur-curcumin-pada-jahe-dan-kunyit-terkait-corona-apa-manfaat?page=all#page3

No comments:

Post a comment

Thanks for a nice comment

uli mayang.