02 May 2020

channel kesayangan upgrade ilmu

channel-kesayangan-upgrade-ilmu-keuangan-investasi-sukses-before-30-chandra-putra-negara
Hallo kawan, apa kabar ?  masih dalam usaha memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19 dan menemani WFH apa saja sih yang kawan lakukan? kalau saya tentu saja melihat youtube, rebahan sambil lihat smartphone. Sambil rebahan saja, saya menikmati kanal kesukaan saya. sebenarnya ada banyak channel yang saya sukai. Tapi, khusus buat nambah ilmu pengelolaan keuangan dan investasi untuk masa depan saya percayakan pada Bpk. Chandra Putra Negara dengan akun youtube channel "Success Before 30". Jika kawan bertanya kenapa memilih kanal ini? Pertama karena nama channel ini membius saya di awal perjumpaan. yang ke dua judul video dan yang pasti isi materi dan cara penyampaiannya.

Mari flashback awal aku jatuh hati, Tanpa sengaja video beliau muncul di beranda saya, dan saat itu muncul judul video "Tiga Cara Menabung yang Benar" dalam hati saya berujar; "wah keren ni, pas banget! lihat ah" kebetulan saat itu usia saya belum 30 tahun dan saya juga sedang belajar mengelolah keuangan. (maklum masih awal menikah, masih newbie dalam hal kelolah pendapatan). dan ternyata cara penyampaian bapak Chandra ini enak banget, mudah di mengerti bahkan untuk saya yang baru mau belajar tentang pengelolahan keuangan. Isi materinya juga padat ringkas dan yang pasti tidak belibet.



Semenjak hari itu, setiap ada waktu longgar saya terus melihat channel ini. Saya mencoba sedikit - sedikit menerapkan apa yang di ajarkan bapak Chandra. Hasil nya mulai terlihat sekarang, usia saya juli nanti 29 tahun, dan alhmdulillah saya sudah jauh lebih stabil dan mapan. Mapan bukan Berlebihan, setidaknya saya dan suami telah memiliki tempat tinggal dan kendaraan. Mungkin buat kawan pencapaian saya biasa saja, tapi buat saya sangat luar biasa. penuh perjuangan sampai ke tahap ini

masih terngiang - ngiang di ingatan saya, di salah satu video bapak candra pernah berkata yang kurang lebih;
"Bahkan saya saat hendak naik pesawat, selisih tiket Rp. 50.000,- saja, saya ambil yang lebih murah!"
wah, kebayang kan padahal beliau ini  uangnya banyak lho! Tentu saja untuk pengusaha sekelas seperti beliau uang Rp 50.000,- mudah di dapat. tapi lihat, beliau mengajarkan untuk lebih selektif dengan kebutuhan. Bukan ngajarin pelit lho ya! ini berbeda konteks. semenjak itu saya lebih selektif dalam memilih membeli barang, even selisih cuma beberapa rupiah. 
channel-kesayangan-upgrade-ilmu-pengelolaan-keuangan-finance-motivasi-enterpreneur-chandra

Beberapa kali bapak Candra melalui video nya membantu saya, dan saya sangat bersyukur atas itu. pernah dengar selogan "Menabung pangkal kaya!" saya yakin pasti pernah. Tabungan adalah hal yang sangat penting, kita semua pasti mengerti. Namun sayang saat ini menabung uang saja di BANK tidak membuat kita kaya. yang ada tambah tekor! sungguh! bayangkan tabungan anda Rp 20.00.000,- tiap bulan dapat bunga yang tidak sampai Rp 50.000,- tenyata kena pajak sehingga berkurang, berkurang lagi kena administrasi bulanan dan ATM. bertambah kah uang anda? tambah kaya kah dengan menabung? TIDAK ! Belum lagi jika inflasi, maka uang tersebut semakin turun nilai tukarnya.

solusi nya? menabung dengan instrumen yang tepat, investasi. Saya dengan anda sama, penghasilan cukup untuk keperluan sehari - hari. Bukan yang banyak, hingga berlebih. Di salah satu video beliau memberikan anjuran untuk menabung emas. Saya yakin kita kebanyakan tidak mampu beli emas langsung berkilo - kilo. namun beliau juga memberikan solusi menabung lewat tabungan emas pegadaian. sangat mudah, sangat terjangkau. saya sudah mebuktikannya. FYI, ramadhan tahun 2019 lalu harga emas per gram RP 650.000,- dan tahun ini kisaran sembilan ratus ribu, hampir mendekati Rp 1.000.000,- bayangkan, hanya setahun kita bisa mengamankan nilai tabungan.

Untuk saya Channel kesayangan upgrade ilmu keuangan, investasi, motivasi tetap 'Success Before 30 ' juaranya. dan saya sudah membuktikan bahwa menonton video di channel ini benar - benar mengubah kemampuan financial saya menjadi jauh lebih baik. Mungkin tidak semua yang kita lihat bisa dilaksanakan, namun bijak lah sebagai penonton. pilih yang mana kira -kira yang bisa kita laksanakan. Bapak Chandra pernah mengatakan investasi yang baik adalah properti, namun saya juga belum mampu untuk itu. Jadi belum saya lakukan. 

Beliau juga pernah mengatakan untuk mempersiapkan tabungan sebesar enam kali gaji, hal ini untuk berjaga - jaga jika suatu saat ada hal yang mendadak sehingga anda tidak bekerja atau berpenghasilan. Terbukti ini sangat berguna, saat kontrak kerja saya tidak di perpanjang, selama itu pula tabungan itu yang saya gunakan. Saat suami sekolah di luar kota, tabungan itu juga yang saya gunakan. Fyi, saat pelatihan suami memang dapat jatah makan dari sana tapi namanya pria makannya banyak, tiga kali sehari kurang. laundry juga di tanggung sendiri dan keperluan lainnya. andaikan pemasukan saya tidak di bagi menjadi pos - pos pasti saya kelabakan.

Hanya satu yang saya sesali, kenapa tidak dari muda, awal sekali saya mengetahui sosok beliau dan channel nya. Pastinya akan sangat baik sekali, tapi tidak mengapa lebih baik telat dari pada tidak sama sekali. Dari channel ini juga saya belajar caranya berbicara dan membangun koneksi link. Sungguh, saya termasuk buruk dalam hal berbicara. Dan saya berbagi menuliskan channel kesayangan saya ini, tempat upgrade ilmu kelolah keuangan, motivasi, entrepreneur di blog ini agar suatu saat jika ada yang nyasasar mampir diblog ini, bisa mampir juga ke channel success before 30 dan mengambil nilai juga dari chanel beliau. Kurang lebih yang saya pelajari intinya adalah:

"Orang sukses itu jika berguna bagi orang lain, mental sukses itu mendorong untuk sama - sama maju. kebahagian jika bisa menolong."
oke sekian dulu, semoga tulisan postingan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi besok. 
salam sayang
uli mayang



No comments:

Post a comment

Thanks for a nice comment

uli mayang.