01 May 2020

Barang Keperluan Menulis Blog di Rumah


hai kawan apa kabar? kali ini uli mayang hendak membahas tentang dunia blog. seperti yang berulang - ulang saya katakan i am full mom, part time entrepreneur and blogger enthusiast. pekejaan jabatan utama saya adalah sebagai ibu rumah tangga jadi barang - barang yang saya perlukan saat kegiatan dari rumah ya sama dengan ibu - ibu pada umum nya: pisau, kompor, talenan panci dll untuk memasak dan rasanya tidak menarik untuk di bahas saat ini. Next saya bahas ya. Selanjutnya sebagai enterpreneur ini maksutnya, saya bekerja sebagai 'MakElar' Marketing Everiting, nyari apa saya carikan. ya tidak paten jelas gitu, kalau ada pesanan, baru saya carikan. Dan terakhir pekerjaan kesukaan saya, bisa dikatakan hobby. Menulis di blog, nah yang akan saya bahas kali ini adalah barang keperluan mulis blog di rumah. Penasaran mau tau apa saja?

Hand Phone (HP) / Mobile Phone / Ponsel
HP wajib ada, benda ini sangat essensial tidak bisa di tawar - tawar lagi. percaya tidak percaya sampai sekarang saya menulis blog masih lebih banyak menggunakan HP di bandingkan menggunakan laptop. alasanya sudah pasti lebih praktis dan effisien. Kapan pun di mana pun selama ada HP saya bisa membuat postingan baru. HP mengakomodir semua kebutuhan saya. signal untuk connect internet sudah jelas ada di ponsel, untuk menjepret gambar pun bisa menggunakan kamera ponsel, mengetik di ponsel pun bisa dan sekarang banyak aplikasi untuk mengedit foto di ponsel. Jujur saja selama hampir dua minggu ini semua postingan saya menggunakan HP. kenapa? ya karena laptop rusak, dan saya sangat ingin mengikuti ramadan challenge dari Blogger Prempuan. saya menggunakan aplikasi Canva untuk edit foto, sangat mudah menggunakan aplikasi ini untuk sekedar menulis nama blog dan menggabungkan foto.




walaupun di rumah, bukan berarti saya bisa terus - menerus duduk manis menulis. sebagai Ibu Rumah Tangga tentu saja kewajiban saya juga banyak. HP sangat membantu proses blogging saat di rumah, saya bisa tetap bekerja menulis sambil momong anak lewat handphone. Saat badan sudah letih pun saya bisa menulis kejar tayang postingan blog sambil berbaring dengan dengan mengandalkan kekuatan jempol. sungguh ini benar! jika kawan juga ikut #BPNramadan2020 mungkin melihat postingan saya selalu terakhir. tentu saja karena saya menulis sambil ini dan itu, tetap berusaha hingga menit - menit terakhir.

menggunakan ponsel untuk menulis blog jelas kebutuhan utama saya dalam hal connecting internet, di rumah saya belum punya wifi, sehingga wifi ponsel lah yang saya gunakan. Ada rencana untuk pasang wifi tapi masih banyak kebutuhan urgent lainnya. semoga segera di mampukan.
laptop-barang-yang-di-perlukan-awal-menulis-blog-di-rumah
laptop dengan brand yang sudah tidak di produksi lagi di indonesia

Laptop
barang kebutuhan saya selanjutnya adalah laptop. menurut saya pribadi ini merupakan kebutuhan sekunder, jika ingin lebih professional ya mari kita gunakan laptop. kenapa saya berkata demikinan? karena laptop ini sangat membantu saya dalam hal menulis dan editing penulisan. lebih mudah mengedit tulisan lewat laptop. mengatur besar kecilnya huruf kapital, tebal atau miring huruf, rata kiri dan kanan hingga memasukkan link dan gambar. Jauh, sangat jauh lebih mudah menggunakan laptop ketika mengetik tulisan, bila di bandingkan ponsel yang layarnya kecil itu. Menggunakan laptop juga berpengaruh pada gambar. Biasanya saya menggunakan Adobe Photo Shop untuk memperhalus editing foto seperti mempertajam gambar dan memberi watermark.

Laptop ini selalu saya gunakan hanya jika bekerja di rumah. alasan utama jelas karena tidak praktis. Laptop menurut saya ukurannya termasuk besar dan berat, rasanya juga tidak nyaman membawa laptop kemana - mana. Tapi sungguh laptop sangat membantu untuk menulis Blog di rumah. Dari pengalaman saya pribadi menulis dengan laptop sangat membantu mood dan konsentrasi bila di bandingkan menulis menggunakan ponsel. Menulis menggunakan ponsel bakalan berakhir scrol - scrol medsos atau chatingan.

Semenjak menjadi ibu laptop merupakan barang yang wajib di jaga seperti kristal. Dilarang meletakkan laptop di atas meja begitu saja, di larang mengetik dengan laptop saat anak saya masih ON!.  (Anak saya sepertinya sangat tertarik dengan laptop, tapi saya takut rusak) oleh sebab itu laptop hanya saya gunakan di rumah saat si kecil istirahat. Karena sadar menggunakan laptop di rumah ada batas waktu, membuat saya lebih konsentrasi untuk segera menyelesaikan menulis sebelum si kecil bangun.

Kamera
Selama kerja menulis blog, kamera termasuk barang mewah untuk saya. kamera saya gunakan untuk keperluan blogging foto di rumah, karena kamera saya berat. Saya juga malu keluar bawa - bawa kamera seperti Journalis Professional saja! (ini hanya masalah kurang PD penulis saja). Kamera biasanya saya gunakan untuk foto produk atau sponsor post. Jelas karena saya berhaarap dengan ulasan yang baik, gambar yang baik bisa menghasilkan hubungan yang baik juga. Entah untuk kelanjutan kerja sama atau kepuasan batin semata (sungkan juga sudah di bayar kalau hasilnya tidak optimal).  Kamera yang bagus, menunjang hasil gambar yang bagus. jika hasil gambar baik, maka proses editing jauh lebih mudah. Kamera sangat membantu untuk mengambil gambar lebih detail lebih mirip atau mendekati asli nya.

sudah jadi rahasia umum gambar dalam blog sedikit banyak mempengaruhi blog itu sendiri. tampilan gambar blog menjadi penarik visitor untuk mengunjungi blog. menurut saya, pasti pengunjung juga jenuh jika hanya melihat tulisan semata tanpa adanya gambar. Right?

  • Untuk blog tutorial gambar yang baik, akan memperjelas langkah pembuatn yang sudah di jabarkan. 
  • Untuk blog traveller gambar atau foto sudah seperti tulisan itu sendiri. Foto adalah deskripsi penjelas untuk kata yang tidak dapat di ungkapkan. Gambar pemandangan tempat yang di kunjungi harus fantastis agar menarik orang untuk melihat dan berkunjung pada blog traveller. Foto adalah jiwa bagi blog traveller.
  • Untuk blog kecantikan, gambar yang jelas membantu pembaca menentukan pilihan. 
  • Dan terakhir tentu saja itu semua untuk menarik hubungan kerja sama. Nama nya saja kerja, tentu mencari keuntungan. entah kesenangan batin atau materi. 


Card Reader 
Tidak selalu tapi mostly saya butuh card reader untuk memindahkan foto dari kamera ke laptop. Kamera saya masih tipe lama yang belum ada Wifi, kadang kala saya butuh card reader. 

Buku Agenda
agenda atau catatan ini penting untuk menulis blog di rumah. Selama di rumah, saya mencatat kerangka pikir dan menampung ide - ide di buku agenda sebelum tertuang menjadi tulisan di blog. Buku Agenda selalu saya gunakan sebab saya memilik anak, jika saya membuka HP atau Laptop anak saya akan sangat antusias ikut serta membantu, yang akhirnya tidak jadi menulis karena lupa. Jadi, untuk membuat semuanya terorganisir saya menggunakan catatan di buku. Sebenarnya tidak harus di Agenda, di buku biasa pun bisa. Hanya saja, buku agenda membuat mood lebih baik, seolah - olah lebih professional. Saya termasuk tipe orang yang sulit berkonsentrasi, mudah hilang mood dan kurang tanggung jawab terhadap sesuatu yang menurut saya bisa di tunda. Jadi solusinya, ya melakukan sesuatu seolah - olah pekerja prefessional.

Belakangan ini saya melihat beberapa youtuber asal Korea dan saya melihat mereka membuat journal atau buku agenda kegiatan. Menurut saya mereka orang - orang yang sukses membagi waktu. Mereka bisa tekun on schedule karena menggunakan jurnal. Mereka merancang apa -apa saja kegiatan yang akan di laksanakan. lalu, materi vlog apa saja yang akan di sampaikan, dan itu sangat membantu membuat vlognya berjalan halus. apa yang di sampaikan pun jelas tidak belibet. Saya masih belajar masih tahap awal mencoba menggunakan buku agenda dan menulis terorganisir. Dan saya sudah merasa sangat terbantu. semoga kedepannya bisa lebih baik lagi.

Oke sekian dulu pembahasan tentang 'Barang Keperluan Menulis Blog di Rumah' dari saya, sampai jumpa lagi besok, semoga tulisan ini bermanfaat.

PS : saya tertarik ingin lebih serius bekerja di bidang menulis terutama blog. semoga bisa

Salam sayang,
Uli Mayang

2 comments:

  1. Hape, laptop, itu udah jadi barang wajib selama kerja di rumah ya. AKupun juga begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ni, hape udah pasti gak bisa di ganggu gugat lah... paten sekali. terimakasih sudah berkunjung

      Delete

Thanks for a nice comment

uli mayang.