07 May 2020

DIY upgrade vanity Ide Kegiatan saat Puasa

DIY-upgrade-Vanity-ide-kegiatan-saat-puasa-membuat-meja-rias-make-up-lampu-sendiri

Bulan Ramadhan walaupun berpuasa, tidak lantas kita langsung lemah dan hanya tidur saja sepanjang hari. Bayangkan jika tidur saja ibadah, apa lagi kerja, betul gak?. Saya di bulan suci tahun ini berusaha untuk tetap aktif berkegiatan. Walaupun tidak bisa berjalan - jalan, ngabu -burit cuci mata seperti tahun kemarin karena masih dalam keadaan social distancing (physical distancing) di mana di rumah saja lebih baik. Saya tetap berusaha happy, sambil menuruti anjuran pemerintah. Berkegiatan sangat membantu menjaga kewarasan buat saya. Tidak berkegiatan membuat saya spaneng (kalut). Terakhir kali saya tidak punya kerjaan, saya melihat berita - berita perkembangan corona di kota saya. Beberapa berita Hoax memperburuk suasana yang akhirnya membuat saya ketakutan sendiri. Akhirnya saya putuskan untuk selalu sibuk mencari ide kegiatan apa yang kira -kira bisa mengisi waktu di rumah. untuk kali ini uli mayang blog membuat DIY upgrade vanity sebagai ide kegiatan saat puasa.



Jenuh dengan meja Rias di rumah, coba dech ganti suasana dengan mengganti warna meja rias.  Tambah bagus lagi bila di tambah lampu agar lebih kekinian seperti vanity meja rias para make up artis (MUA), Mudah kok cara nya dan yang pasti lebih murah dari pada beli baru. Pertama dan utama siapkan dulu bahan dan alatnya.

Bahan dan Alat
Cat kayu dan besi sesuai kebutuhan
Kuas untuk mengecat
Tinner untuk mencairkan cat
Lampu putih siap pakai

Diy-cara-buat-meja-rias-vanity-berlampu-mua-sendiri-perefessional-murah-

Step Langkah pembuatan :

Pertama bersihkan permukaan meja rias / vanity yang hendak di cat. Bersihkan dari kotoran - kotoran yang menempel agar nanti saat di cat permukaannya tidak bergeronjal. Bersihkan dengan kain kering terlebih dahulu, lalu selanjutnya menggunakan kain basah. Angin - anginkan meja sampai mengering. Fyi, kawan bisa mengaplas dulu permukaan meja jika ingin lebih kuat dan tahan lama warna cat yang baru. Saya memilih tidak menggunakan amplas, karena jika jenuh nanti saya ingin mengembalikan ke warna plitur (coklat).

Campurkan cat kayu dan besi berwarna putih dengan tinner (baca takaran dan cara mencampur di kemasan). Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Dengan kuas ambil sedikit demi sedikit cat, lalu pulaskan pada permukaan meja rias yang hendak di ganti warnanya. Cat dengan rata hingga warna awal (coklat) tertutup semua degan warna baru (putih). Setelah selesai, dan semua permukaan telah tercover biarkan cat mengering. Kawan bisa mengangin - anginkan saja, atau di jemur di bawah cahaya matahari.

Langkah selanjutnya opsinal, pengulangan. Jika cat sudah mengering sempurna, silahkan di cat ulang lagi atau di tindih. Saya mengeringkan cat dengan cara, membiarkan meja yang telah di cat di tempat teduh selama dua malam. Pengulangan adalah permukaan meja di cat lagi menggunakan cat berwarna putih. pengulangan ini di lakukan agar cat lebih rata, lebih rapi dan terlihat lebih glossy mengkilap.

Sudah selesai!, sampai sini jika masih merasa kurang, bisa di akali dengan menambahkan lampu pencahayaan Led.
cara-buat-vanity-lampu-meja-rias-sendiri-di-rumah-murah-meriah

Agar lebih kekinian dan lebih membantu memperjelas proses untuk bermake up, uli mayang menggunakan lampu sebagai alat pencahayaan. Lampu ini sangat bermanfaat untuk melihat apakah make up sudah rata atau belum, istilah kerennya Paripurna!. Lampu ini juga berfungsi sebagai booster agar lebih semangat dalam berdandan. ya ala - ala para Mua professional gitu. nilai plus lainnya untuk memasang lampu pada vanity adalah sebagai pengganti ring light. btw saya pernah menulis Cara buat ring light murah. Jadi saat selesai bermake up, kawan bisa langsung berselfie dan hasil fotonya bisa lebih cetarrr!!

Lampu yang saya gunakan adalah lampu instan siap pakai. namanya lampu strip LED gulungan , bentuknya seperti selang. Untuk socket (stop kontak cok nya) saya minta tolong penjualnya untuk memasangkan (di toko listrik). Socket dan biaya pemasangannya nya seharga Rp. 15.000,- dan lampunya per 10 meter belinya. Di shopee ada yang jual lampu Led ini seharga Rp 75.000,- ya pinter - pinter milih saja.
cara-buat-meja-rias-lampu-vanity-led-make-over-putih-murah

Cara pemasangannya mudah saja, saya cuma menggunakan isolasi double tape. Jadi tidak repot sangat simple. Tinggal lem sekeliling selang lampu, buka isolasinya lalu tempel di cermin Vanity meja rias. Walla!! selesai.

oke sekian dulu postingan DIY Upgrade Vanity Ide Kegitan Puasa hari ini, besok kita jumpa lagi. Selamat mencoba, semoga postingan ini bermanfaat. selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga sehat selalu.
salam sayang
uli mayang

No comments:

Post a comment

Thanks for a nice comment

uli mayang.