05 May 2020

Menu Buka Puasa Lengkap Praktis Ndeso


Apa yang paling di tunggu tunggu saat berpuasa ? apa lagi kau bukan kumandang adzan magrib yang berarti telah berakhirnya waktu berpuasa di hari ini. Buka puasa menjadi moment spesial saat ramadhan, Keluarga akan berkumpul bersama di satu meja dan bersantap bersama. Ramadhan bagi seorang ibu biasanya membuat ibu berpikir lebih keras dari biasanya. Apa lagi kalau bukan karena menu masakan, apa yang hendak di masak yang bisa memuaskan penghuni rumah dan pastinya tidak membutuhkan waktu lama dalam proses memasaknya. Taste good and simple! Saat berbuka umumnya kita ingin takjil yang enak segar dan nikmat. Berhubung kita ada  di saat lebih baik #Dirumahsaja, jadi sebagai bu - ibu ya mau tidak mau harus memasak. Mau tau menu buka puasa lengkap praktis ndeso apa yang paling nikmat menurut keluarga kami? langsung saja


Es Garbis
makanan pembuka untuk berbuka puasa sudah pasti ingin yang segar dan manis, untuk takjil yang menyegerakan berbuka es garbis merupakan pilihan di keluarga kami. Selain selain karena rasanya manis dan segar. Cara mengolahnya pun sangat mudah. Cukup dengan membelah buah garbis (blewah), lalu isi buah garbis diserut, kemudian campurkan dengan air gula yang sudah di cairkan, tambahkan air putih dan es batu. wallaa..!! es garbis siap di hidangkan.

Lele penyet sambal kemangi
Lauk, makanan yang tidak kalah enak dan simpel sebagai menu buka puasa selanjutnya adalah lele penyet. Nikmat sekali rasa lele goreng yang gurih di tambah sambal dan daun kemangi segar. Ahh, saya selalu suka dengan lele goreng, bahkan lele di goreng saja sudah nikmat. Entah mengapa ikan lele selalu ada rasa manis gurihnya. Nikmat sekali. Apa lagi lele adalah jenis ikan yang paling mudah kami dapatkan dan dalam keadaan segar. Saat beli baru di betetti (di bersihkan). Fyi, Lele merupakan ikan dengan protein yang tinggi namun harganya jauh lebih murah dari ikan tuna. protein juga sangat baik bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak. 

Cara pembuatan lele penyet sambal kemangi sangat mudah. Pertama cuci bersihkan lele lalu goreng, goreng bawang merah, bawang putih dan cabai, kemudian tiriskan. Ulek bumbu yang tadi di goreng, tambah sedikit minyak jelantah, garam dan penyedap rasa. Di ulekan batu tadi, bejek - bejek lele dan kemangi. Sudah siap. 
Menu-buka-puasa-praktis-sayur-lodeh-sawi-daging-pakcoy-uli-mayang

Sayur Lodeh sawi
Nah buat kuah - kuahan karena seharian tidak minum dan sebagai pelicin makanan masuk tenggorokan lodeh sawi ini enak sekali. Santan yang ada di sayur ini tidak lantas menghilangkan kesegaran sayur sawi. Sawi yang di kunyah tetap masih krius dan cara pembuatannya juga tetap simple. Sawi daging (pakcoy) di cuci bersih lalu potong, sisihkan.  Cuci dan iris bawang merah, bawang putih dan cabai. Kemudian geprek lengkuas, sereh dan jangan lupa daun salam.  Tumis semua bumbu, lalu masukkan santan dan aduk rata hingga mendidih. Tambahkan gula, garam dan penyedap makanan. Aduk rata hingga mendidih lalu siap hidangkan. 

Di keluarga kami yang menyukai rasa pedas biasanya akan menggunakan banyak cabai dan kuah sayur lodeh ini bakalan habis jadi rebutan. Ini enak sekali.

Nasi putih
Kalau ini kayaknya sudah wajib banget ya, mau buka puasa, mau sahur wajib banget di meja makan kami ada Nasi putih. Nasi putih hangat cocok untuk sayur dan lawuk pauk apa saja. Sebagai orang ndeso, walaupun sudah makan roti sekarung, kalau belummengkonsumsi nasi tetap saja judulnya 'BELUM MAKAN!' betul tidak?

well itu tadi menu buka puasa lengkap dan praktis di rumah uli mayang, agak ndeso tapi beneran nikat banget. apa lagi di tambah kerupuk dan makannya pakai tangan. uuummm~ nikmat tiada tara. oke sampai jumpa lagi di postingan berikutnya.
salam sayang
uli mayang

2 comments:

  1. Masha Allah Mba, nikmatnya tiada tara!
    Itu es garbis favorit banget di saat bulan Ramadan gini, terus sayurnya masha Allah, favorit saya banget.
    Selain lelenya sih hehehe.
    Saya kurang doyan lele, diganti ikan asin enyaaakk tuh Mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya es Garbus emang juara yak! .. hahah~~ Emang ikan asin enak banget saya juga suka. Apa lagi di pakek in sambal wah tambah jos

      Delete

Thanks for a nice comment

uli mayang.